Apa Saja Kesulitan Anak Dalam Mempelajari Matematika Sd

Authors


  • Dian Rizky Utari


    Jurusan Pendidikan Suhu Sekolah Bawah, Fakultas Pedagogi, Universitas PGRI Semarang

  • M. Yusuf Konstan Wardana


    Jurusan Pendidikan Hawa Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

  • Aries Tika Damayani


    Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu pendidikan, Perguruan tinggi PGRI Semarang

DOI:


https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Keywords:


kesulitan belajar, soal cerita

Abstract

Siswa berkesulitan belajar ilmu hitung sering melakukan kekeliruan dalam belajar berkira-kira dan salah tafsir internal menyelesaikan soal cerita. Kesulitan nan sering dialami oleh siswa yaitu kesulitan detik mengerjakan pertanyaan kisahan karena terbatas bakir memahami intensi soal dan kebingungan saat menentukan aksi hitung nan akan dipakai. Tujuan berpunca eksplorasi ini adalah buat memaklumi jenis kesulitan berlatih ilmu hitung nan dialami siswa, faktor yang mempengaruhi kesulitan sparing, dan mengungkapkan upaya nan bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan sparing matematika di kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menunggangi deskriptif kualitatif. Subyek pendalaman yaitu murid kelas IV sebanyak 10 orang dan master kelas bawah IV. Prosedur akumulasi data yang digunakan adalah observasi, wawancara, teknik konfirmasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa murid inferior IV nan berjumlah 10 murid berpunca 15 siswa mengalami kesulitan berlatih ilmu hitung dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan belajar matematika menuntaskan cak bertanya cerita yang terjadi di kelas IV SD menutupi kesulitan memaklumi konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memintasi kebobrokan. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal bersumber faktor kerumahtanggaan dan faktor eksternal. Faktor internal yang berasal mulai sejak peserta membentangi IQ ataupun intelegensi, sikap murid internal belajar matematika, senawat berlatih siswa yang masih minus, kesehatan badan yang lain optimal, dan kemampuan pengindraan siswa yang kurang. Sementara itu faktor eksternal yang berasal berasal asing murid antara lain kurangnya variasi mengajar temperatur, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, wahana prasarana di sekolah, serta mileu keluarga.

References

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Buat Anak Berkesulitan Sparing. Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu dan Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Darjiani, Falak. T. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. Udara murni. (2015). Amatan Kesulitan-Kesulitan Belajar Ilmu hitung Pesuluh Papan bawah V Privat Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5070

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.22 tahun 2006 akan halnya Standar Isi. Depdiknas.

Guntoro, E. . (2014). Evaluasi kualitas nutrisi alat peraba dan biji biji zakar durian peragian dengan Phanerochaete chrysosporium dan Neurospora crassa. Fakultas Peternakan. Universitas Andalas. Padang.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas bawah XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Koran Pendidikan Ilmu hitung), 1(1), 18–36. http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Membiasakan: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Kehidupan Dini dan Usia Sekolah. Ghalia Indah.

Moleong, L. (2012). Metodologi Riset Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, R. A. (2017). Analisis Kesulitan Pelajar privat Mengatasi Soal Narasi pada Materi Pecahan Ditinjau dari Pemecahan Masalah Polya.

Rifaldiyah, M. Y. S. W. Y. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Membiasakan Kognitif Pemecahan Masalah Matematika. TSCJ, 2(1), 19–26.

Roebyanto, G. & S. H. (2017). Pemecahan Problem Matematika Bikin PGSD. PT Akil balig Rosdakarya.

Runtukkahu, J. T. (2014). Penataran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Berlatih. Teks Siswa.

Slameto. (2010). Membiasakan dan Faktor-Faktor nan Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Riset Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Syafiudin, M. A., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2014). Kesulitan siswa menyelesaikan soal mengenai jarak dalam sadar ulas beralaskan paradigma kesulitan newman.

How to Cite

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Amatan Kesulitan Membiasakan Matematika dalam Menyelesaikan Cak bertanya Cerita.
Harian Ilmiah Sekolah Dasar,
3(4), 534–540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Source: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22311

Posted by: skycrepers.com