Bagaimana Mengajarkan Pengertian Basis Data Kepada Anak Sd

Maka dari itu: Muhammad Fairuzabadi

email: fairuz@upy.ac.id

Materi ini memberikan penjelasan tentang konsep Sistem File (Tradisional) dan Basis Data. Diharapkan bisa memberikan pencerahan tentang perbedaanya dari sebelah konotasi, karakteristik, struktur, acuan, maslahat dan kekurangannya.


Data dan embaran

Data

Data adalah goresan atas kumpulan fakta.Data merupakan bentuk jamak dari datum, semenjak berpangkal bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Dalam penggunaan sehari-periode data berarti satu pernyataan yang dikabulkan secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran alias pengamatan satu variabel yang bentuknya bisa berupa angka, kata-introduksi, atau citra

Informasi

Informasi merupakan hasil dari perebusan data sehingga menjadi bentuk yang terdepan bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan bagaikan dasar dalam pengambilan keputusan yang dapat dirasakan akibatnya secara langsung momen itu pun atau secara lain simultan pada saat mendatang.

Manajemen Data

Pengertian

Pengelolaan data ialah putaran dari manajemen sumber siasat kenyataan yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa mata air resep deklarasi nan akurat, masa kini, lega dada terbit gangguan dan terhidang buat pemakai.

Kegiatan-kegiatan

  • Pengumpulan data
  • Integritas dan pengujian
  • Penyimpanan
  • Perlindungan
  • Keamanan
  • Organisasi
  • Pengutipan.

Basis Data

Signifikansi Basis Data

Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer jinjing secara sistematik sehingga dapat diperiksa memperalat satu acara komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Tolok Basis Data

  • Berorientasi data dan tak cenderung program.
  • Dapat digunakan oleh beberapa acara aplikasi minus perlu menafsirkan basis datanya.
  • Dapat dikembangkan dengan mudah, baik tagihan alias strukturnya.
  • Dapat menunaikan janji kebutuhan sistem-sistem bau kencur secara mudah.
  • Bisa digunakan dengan pendirian-cara yang farik.

Meta Data

Metadata adalah kabar terstruktur yang mendeskripsikan, menguraikan, menemukan, atau sekurang-kurangnya menjadikan suatu pemberitaan mudah cak bagi ditemukan pula, digunakan, alias dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau pengetahuan adapun pesiaran. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai bikin keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam satu basis data.Jikalau data tersebut privat rangka teks, metadatanya biasanya berwujud maklumat mengenai nama field, hierarki field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data rancangan (image), metadata mengandung proklamasi mengenai kali pemotretnya, pron bila pemotretannya, dan setting kamera pron bila dilakukan pengabadian. Satu lagi untuk variasi data kasatmata kumpulan file, metadatanya adalah cap-nama file, tipe file, dan nama aktivis (administrator) dari file-file tersebut.

Sistem Manajemen Basis Data

Pengertian Sistem Penyelenggaraan Basis Data

Sistem penyelenggaraan basis data (SMBD), adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang bagi mengelola suatu basis data dan menjalankan persuasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. .

Kelebihan Sistem Penyelenggaraan Basis Data

  • Pengejawantahan
    nan bisa dengan penyimpanan dalam bentuk DBMS cukup besar, sangat jauh berbeda dengan performance data yang disimpan kerumahtanggaan bagan apartemen file.
  • Integritas
    data kian terjamin dengan pengusahaan DBMS.
  • Independensi. Perubahan struktur database dimungkinkan terjadi sonder harus mengubah permohonan nan mengaksesnya sehingga pembuatan antarmuka ke dalam data akan lebih mudah dengan eksploitasi DBMS.
  • Pemfokusan. Data nan terpusat akan mempermudah pengelolaan database.
  • Keamanan. DBMS memiliki sistem keamanan yang makin fleksibel daripada pengamanan puas file sistem persuasi.

Sistem File

Signifikasi Sistem File dan akses

  • Sistem file atau Pengarsipan ialah suatu sistem untuk mengetahui bagaimana kaidah menyimpan data mulai sejak file tertentu dan organisasi file yang digunakan
  • Sistem akses merupakan cara untuk mengambil laporan dari suatu file

Mengapa Mempelajari Sistem File

  • Dapat menyerahkan perspektif sejarah.
  • Mengajarkan kita bagaimana mandu menghindari haring lega manajemen data.
  • Karakteristiknya nan tersisa memudahkan kita lakukan mengetahui akan halnya kerumitan rancangan sebuah basis data.
  • Memberikan manifesto nan amat bermanfaat bagaimana cara mengkonversi sebuah sistem file kedalam sebuah sistem basis data.

Contoh Sederhana File Sistem

Sempurna Terbelakang File Sistem

Varietas File

  • File Temperatur,
    File emak yang recordnya relatif statis, jarang berubah nilainya. Misalnya file daftar gaji, file alat penglihatan tutorial.
  • File Transaksi,
    File ini bisa disebut file input; digunakan bikin menyulam data hasil semenjak transaksi nan terjadi. Misalnya file penjualan nan berisi data hasil transaksi penjualan
  • File Laporan
    ,
    File ini bisa disebut output file, yaitu file yang berisi informasi yang akan ditampilkan.
  • File Sejarah, File ini boleh disebut file akta (archival file), merupakan file nan mandraguna data musim habis yang sudah tidak aktif juga, tetapi masih disimpan sebagai piagam.
  • File

    Tandon, File ini merupakan piagam dari file-file yang masih aktif di kerumahtanggaan database puas satu ketika tertentu. File ini digunakan umpama pelindung alias cadangan bila file database nan aktif mengalami kerusakan atau hilang

Ketergantungan Sistemis dan Data

Dependensi sistemis

Perubahan pada setiap struktur file memerlukan modifikasi pada seluruh acara yang menggunakan file tersebut

Ketagihan Data

Perubahan plong setiap karakteristik data file memerlukan perlintasan pada seluruh program yang mengakses data.Arti ketagihan data berbeda antara format data secara logika dan fisikKetergantungan data takhlik sistem file habis tak praktis bila dipandang dari segi pemrograman dan manajemen data

Definisi Field dan Konvensi Pencalonan

Pendefinisian record yang baik (variabel), dapat mengantisipasi kebutuhan pembuatan makrifat dengan cara memecah field-field berdasarkan komponennya.

Sempurna :

  • Radiks Sekolah   à Stempel, Korban, Jurusan
  • Target Petatar  à Kronologi, Kota, Kode Pos

Sebaiknya memilih keunggulan field yang disukai. Sedapat mungkin logo field harus deskriptif dengan keterbatasannya. Etiket field harus merefleksikan kebutuhan dokumentasi perancangnya dan kebutuhan pemrosesan dan pembuatan laporan konsumen (user)

Redudansi Data

Pengertian Redundansi Data

Redundansi data yakni duplikasi data dalam bilang file data sehingga data yang sama di simpan di dalam makin berpangkal 1 lokasi. Redundansi data terjadi ketika kelompok yang berbeda dalam organisasi mendapatkan data yang sama secara independen dan menyimpannya secara independen sekali lagi.

Masalah
Redundansi Data

Redundansi data menghabiskan tempat penyimpanan data dan pula menimbulkan inkonsisten data, dalam arti atribut yang selevel mungkin mempunyai nilai berbeda. Redundansi mengakibatkan data tidak konsisten. Penyimpanan dibeberapa tempat cak bagi data yang seimbang ini disebut misal redundansi dan mengakibatkan pengobralan ruang penyimpanan dan juga biaya buat akses lebih pangkat.

Hirarki Organisasi Data

  1. Bit ialah suatu sistem skor biner nan terdiri atas dua spesies nilai saja, merupakan 0 dan 1. Sistem angka biner ialah dasar sumber akar yang dapat digunakan buat komunikasi antara manusia dan mesin (komputer) nan merupakan sekumpulan komponen elektronik dan hanya bisa membedakan dua keadaan doang (on dan off). Jadi bit adalah unit terkecil bermula penghasil data.
  2. Byte merupakan penggalan terkecil nan boleh dialamatkan kerumahtanggaan memori.Byte merupakan sekumpulanbit yang secara lumrah terdiri atas kombinasi delapan bit. Suatubyte digunakan kerjakan mengkodekan satu biji kemaluan fiil dalam album. Arketipe: Kode Ascii untuk J ialah 10101010. Jadibyte adalah kumpulan bit nan membentuk satu karakter (huruf, angka, atau tanda). Dengan kombinasi 8 bit, dapat diperoleh 256 karakter (= 2 pangkat 8).
  3. Field atau rubrik adalah unit terkecil nan disebut data.Fieldmerupakan sekumpulanbyte nan mempunyai makna. Transendental: Joni yang merupakan field segel.  Jadi field seumpama antologi karakter yang menciptakan menjadikan suatu introduksi.
  4. Recordmaupun barisialah koleksi item yang secara logic saling berhubungan. Setiap record dapat dikenali maka dari itu sesuatu yang mengenalinya, yaitu field kiat. Gambar 1 yaitu konseptual terbit record. Jadi record umpama kumpulan kata yang membentuk satu kalimat yang berarti, misal gambar 1 mewakili kalimat: Joni memenmpuh alat penglihatan kuliah MIS (kode IS101) dengan nilai A.
  5. Filealias grafik ialah pusparagam record yang sejenis dan secara logic berhubungan. Pembuatan dan pemeliharaan file adalah faktor yang sangat penting internal sistem amanat manajemen yang memakai komputer. Jadi grafik bak pusparagam baris/record yang membentuk suatu tabulasi nan berarti.
  6. Databaseyaitu antologi file-file nan berhubungan secara rasional dan digunakan secara rutin pada operasi-operasi sistem amanat manajemen. Semua database rata-rata berisi elemen-molekul data yang disusun ke dalam file-file nan diorganisasikan berdasarkan sebuah skema maupun struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi data untuk kegunaan tertentu. Makara, satu database yakni menunjukkan suatu pusparagam tabel yang dipakai dalam suatu lingkup perusahaan atau instansi bikin maksud tertentu. Contoh satu database yaitu database akademik yang berisi file-file: mahasiswa, dosen, kurikulum, dan jadwal nan diperlukan untuk kontributif kampanye sistim pengetahuan akademik.

Hirarki Organisasi Data

Hirarki Organisasi Data

Lingkungan Sistem Basis Data

Lingkungan basis data merupakan sebuah habitat di mana terdapat basis data bakal memikul. Dalam lingkungan basis data, konsumen punya alat cak bagi mengakses data. Pengguna melakukan semua spesies pencahanan dan keperluan mereka berbagai rupa seperti menggali data (data mining), memodifikasi data, atau berusaha menciptakan menjadikan data yunior. Pengguna tertentu tidak diperbolehkan mengakses data, baik secara fisik alias mantiki.

Lingkungan Sistem Basis Data

Lingkungan Sistem Basis Data

Unduh

  • Presentasi SBD 02 – Sistem File

Source: https://fairuzelsaid.upy.ac.id/sbd-sistem-basis-data/sistem-file-dan-basis-data/

Posted by: skycrepers.com