Olahraga renang memiliki manfaat bagi diri sendiri. Selain menyehatkan jasad, renang juga dapat merilekskan perasaan.

A. Gerak Bawah Renang Gaya Punggung

Renang menjadi riuk satu simpang olah tubuh yang sering dipertandingkan, baik di tingkat nasional atau sejagat. Dalam olahraga renang, terdapat beberapa mode, salah satunya gaya punggung.

Renang gaya punggung dilakukan dengan posisi telapak menghadap permukaan air. Gerakan kaki dan tangan sebagai halnya gaya bebas, tetapi posisi jasmani telentang.

1. Manuver Menjulur

Gerakan meluncur sebagai dorongan sediakala ketika berenang. N domestik renang kecondongan punggung, menjulur melatih tubuh mengapung dengan posisi telentang.

Amatilah gerakan merayap pada Susuk 8.2! Deskripsikan operasi sreg gambar dengan bahasamu sendiri. Kemudian, kemukakan di depan guru dan temanmu secara santun.

2. Gerakan Tungkai

Pada renang gaya punggung, operasi kaki sebagai halnya renang gaya bebas. Akan tetapi, posisi tubuhnya telentang. Manuver tungkai akan menjadi sendang daya dorong. Saat kaki dihentakkan, bodi akan terbujuk ke depan. Pelajaran usaha kaki dapat dilakukan secara mandiri, dengan bantuan orang lain, atau papan pembelajaran (kicking board). Berlatihlah gerakan kaki secara mandiri, dengan bantuan orang lain, dan/atau gunakan papan.

Posisi mandiri, kedua tangan memegang pinggir balong alias pant. Posisi dengan uluran tangan basyar tak: meminta bantuan instruktur atau guru untuk memegang tanganmu. Posisi memperalat tiang: letakkan jejak kaki di atas kayu, posisi tangan berpegangan pada ujung tiang. Pastikan posisi tungkai verbatim ke belakang. Buat gerakan tungkai begitu juga manuver lega renang tren bebas. Dengan bersumber sreg pangkal pukang, gerakkan kaki dengan abadi. Amatilah kampanye kaki pada Gambar 8.3! Gambar tersebut menunjukkan kursus gerakan kaki renang kecenderungan punggung.

3. Posisi Tubuh saat Renang Tren Telapak

Amatilah posisi tubuh perenang seperti Bagan 8.4! Berpangkal Bentuk 8.4, kamu dapat mengetahui posisi tubuh momen berenang gaya telapak. Deskripsikan posisi raga sesuai Rancangan 8.4. Bahaslah bersama temanmu, kemudian komunikasikan di kelas. Untuk menunjang hasil pembahasan, gunakan buku teks maupun sumber teks tidak.

4. Gerakan Lengan

Dalam renang gaya punggung, kayuhan lengan berperan sebagai dorongan lakukan mengambil napas saat berenang. Ayunan lengan lagi membantu kaki mendorong raga.

Pada renang tendensi bekas kaki, terwalak gerakan menyentak, mendorong, dan istirahat. Gerakan menarik dilakukan setelah punggung tangan turut permukaan air. Cak bagi gerakan menarik hingga telapak tangan di samping luar bahu. Gerakan menyorong dilakukan saat akhir tegangan tangan. Gerakan tangan mendorong ke belakang dan dasar. Tahapan istirahat, bermula saat tangan keluar permukaan air. Posisi biang jari keluar permukaan air justru suntuk. Detik posisi lengan literal sejajar bahu, tangan diputar keluar. Untuk gerakan timbrung ke permukaan air dengan jari kelingking masuk bidang air. Tahapan ini dilakukan secara rileks. Gerakan ini seirama jenjang menarik dan menunda.

5. Pemungutan Napas

Dibandingkan renang gaya bebas atau tren punggung, pengambilan napas plong renang gaya punggung lebih mudah. Beliau harus bernapas menggunakan mulut. Awan diembuskan keluar melalui hidung atau ucapan. Pemungutan napas dilakukan ketika fase istirahat pelecok suatu lengan. Kemudian, mengeluarkannya momen fase istirahat lengan lainnya. Amatilah operasi pemungutan napas pada renang gaya punggung sebagaimana Gambar 8.6!

Semenjak Gambar 8.6, kamu mengetahui cara pengutipan napas. Bernapas dalam renang tidak dapat dilakukan sesedap hati. Bersama temanmu, praktikkan pendirian pengambilan berasimilasi dengan memperhatikan aspek-aspek berikut.

  1. Pengambilan berasimilasi dilakukan dengan mendongakkan atasan. Posisi mulut sejajar bidang air.
  2. Pengutipan berasimilasi dilakukan ketika salah satu lengan menindihkan air ke bawah dan memerosokkan air ke birit.

6. Interelasi Manuver Renang Tendensi Telapak

Kamu telah mengetahui aksi lenggang lengan, kaki, dan cara pengambilan napas. Bagaimana susunan gerakan renang kecondongan punggung? Amatilah dan praktikkan manuver renang gaya jejak kaki seperti pada Gambar 8.7!

Apa Kurnia Renang Gaya Punggung?

Apa sajakah manfaat renang tren punggung? Jika dilakukan dengan rutin, renang gaya punggung punya manfaat penting. Manfaat renang gaya punggung ialah menambah tahapan badan dan menjaga kelenturan tubuh. Renang gaya jejak kaki akan menerimakan peregangan dari penasihat hingga ujung kaki. Selain lengan dan pinggul sebagai penopang kaki dalam air, tulang pinggul sampai kaki aktif berputar. Rayapan ini membuat ligamen dan sendi menjadi lentur.

Renang gaya punggung dilakukan dengan mengombinasikan kampanye ayunan lengan, tungkai, dan pemungutan napas.