Last updated on Oktober 20, 2019

Belajar membaca jam merupakan penggalan dari mengenalkan perian. Mengenalkan jam kerjakan momongan dengan gangguan pendengaran tidak farik dengan mengenalkan jam pada anak tanpa kesulitan mendengar. Banyak metode nan disarankan, tapi teknik yang sudah kami praktekkan dan masih proses menuju keberhasilan adalah metode belajar membaca jam dari Ainsleelabs. Pada saat ini, anak setidaknya sudah dapat menamakan simbol ponten paling kecil angka 1 hingga angka 12, syukur-syukur jika sudah mampu menyebutkan poin hingga poin 59. :-p

Tingkatan Belajar Mendaras Jam

Ainsleelabs cukup mengasihkan perhatian bahwa metode belajar membaca jam bila masih mengajuk 5 kaidah ini akan membawa kecemasan untuk anak lega jenjang TK, apalagi sekolah dasar. Lima mandu yang dimaksud yakni:

  1. Ajarkan waktu berdasarkan per jam
  2. Ajarkan waktu berlandaskan setengah jam
  3. Ajarkan waktu berdasarkan seperempat jam
  4. Ajarkan waktu berlandaskan per  5 menit
  5. Ajarkan masa per menit.

Posisi jam di atas menunjukkan hari pengetuk 02.00. Karena jarum pendek menunjuk kredit 2 dan penyemat jenjang menunjuk angka 12. Sekiranya kemudian penusuk sumir bergerak mendatangi angka 3, padahal jarum panjang menunjukkan nilai 10, maka anak yang sedang membiasakan mendaras jam akan membaca jam 3. Bagi kita yang sudah lalu memahami konsep membaca jam tentu tidak sulit menamakan bahwa jam tersebut sepantasnya menunjuk palu 2:50, cuma bagi momongan-anak yang sedang belajar, mereka menganggap bahwa jarum singkat sudah menyentuh angka 3 (sementara itu belum).


Daerah n domestik Jam

Kita sebagai orangtua momongan dengan godaan rungu lebih baik mengajari konsep mendaras jam secara logis dan sederhana. Sehingga momongan lain terlazim merubah konsep berpikir ketika membaca jam dan mengaji menit. Caranya merupakan mengajari anak membaca jam beralaskan distrik dalam jam. Ayah dan Bunda bisa juga mengatakan kepada anak bahwa setiap jam itu punya kamar. Misalnya, penyemat pendek sedang berharta di kamar nomor berapa? Sekiranya jarum sumir fertil di dalam kamar nomor 10, artinya kita sekarang berharta pada pemukul 10. Mudah centung?

Beberapa tahapan yang dilakukan untuk membiasakan jam kalau Alkha ialah sebagai berikut:
1. Menggunakan jam dinding yang dimodifikasi sehingga berlatar belakang warna menggunakan prinsip wilayah jam.

2. Menghilangkan jarum detik dan menit dan menyisakan jarum jam (jarum pendek).
Caranya:

– Siapkan latar pinggul baru dari bahan jeluang
– Bentang baut puas belakang jam dinding
– Lepas semua pencucuk
– Pasang permukaan pantat menunggangi lem, lubangi gandar roda jam
– Pasang jarum jam, dan simpan jarum lainnya.
– Pasang semua baut yang tadi dilepas.

3. Tanyai anak setiap ada kesempatan sekarang pukul berapa? Maupun sekarang jam berapa? (pada tahap ini momongan hendaknya sudah dapat mengaji simbol angka 1-12, atau setidaknya semenjana membiasakan membaca huruf angka angka)

belajar membaca jam
Jam Menunjuk Pemukul 10. Bagian Tengah Fiil
Protagonis Piece
Dari Serial
Legend Pelaku utama

Manah:
Pengisian latar belajar bagan diatas itu kurang tepat, seharusnya batas wilayah 11 dengan 12  adalah garis yang tegak.

4. Jikalau sudah konsisten, pasang jarum saat. Ketika anak asuh pusing, minta dia mengabaikan jarum detik. Sebenarnya ini juga proses merubah pendirian belajar membaca-jam mulai sejak tetapi jarum singkat tapi sekarang ditambah pencucuk detik. Tapi saya pikir tidak ekstrim karena pada tahap ini, kita menambahkan penusuk, bukan merubah cara-membaca-jam. Terlebih juga sekiranya hayat pendengarannya masih pendek, kita harus pintar mengajari anak sebuah kejadian tepat, tidak ambigu, sehingga tidak membuang tenaga. Nah, momen anak asuh sudah konsisten mengabaikan jarum detik, lanjutkan tahap 5.

5. Pasang jarum menit di bokong gelas jam menunjuk skor 12 menunggangi selotip bening. Pada tahap ini anak kembali bingung. Minta anak memperlainkan jarum pendek dan jarum panjang. Penyemat singkat (jam) akan berputar perlahan, penusuk ketika akan bersirkulasi terus, sedangkan penusuk tinggi (menit) akan belalah diam. Puas tahap ini, anak asuh bisa diajarkan

6. Jika sudah konsisten bisa mengkhususkan 2 jarum nan panjang nya intim proporsional, kembalikan penyemat menit sreg poros jam dinding sehingga dapat berputar normal. Pada tahap ini, kita boleh berlatih menyamakan pencucuk jam, antara jam-dinding dengan jam-kusen yang kita letakkan di sebelah nya. Bisa juga kita adopsi metode Ainleelabs dengan mengenalkan anak prinsip mengisi jam-digital (jam 1 tepat; ditulis 01.00). Tanyakan jam doang kepada anak asuh, bagi menit, kita (orangtua) yang menambahkan.

7. Jika anak sudah lalu responsif, hilangkan angka dengan area warna. Kita pemaafan latar birit warna dari jam dinding yang tadinya kita modifikasi.

8. Lakukan latihan tanpa bantuan warna hingga anak menguasai cara mengaji jam tanpa harus memahami makna menit.

9. Masa ini ajarkan cara mendaras menit kepada anak (anak sudah lalu bisa berhitung 1-59).

belajar membaca jam
Belajar Mengaji Jam dan Menit

Belajar Mendaras Jam Secara Sederhana

Dengan menggunakan metode di atas, maka kegiatan mengenalkan waktu bagi anak dengan alai-belai pendengaran menjadi mengasyikkan. Berlatih membaca jam bukan hal yang susah, tapi memang harus perlahan karena anak asuh harus paham dengan koteng nya. Pada intinya, karena anak dengan gangguan rungu sangat mengandalkan kemampuan visual, sedangkan kemampuan mendengar dan kosakata nya masih terbatas, maka metode belajar harus menyeimbangkan. Bagi sebagian anak asuh yang sulit membiasakan duduk diam sebagaimana Alkha, maka kegiatan belajar harus dipreteli sampai paling kecil tersisa. Tiap anak itu berbeda, tapi keinginan bermain setiap anak itu setinggi besarnya. Kejadian itu pula nan menciptakan menjadikan kami ingin berbagi tips Terapi Auditori Verbal secara terbelakang bersama Ayah dan Bunda semua. Uang pelicin yang musykil, biar Terapis AVT saja yang menjelaskan. Hehe.

Ayah dan Bunda dapat menciptakan menjadikan jam versi sendiri. Bagi takhlik anak asuh menikmati cara belajar ini, kami menambahkan karakter yang sedang dia sukai pada babak perdua jam. Misalnya karakter Spiderman, Superman, Legend Tokoh utama, Tayo, Thomas, Cars, maupun lainnya. Ayah dan Bunda tidak akan kesulitan ketika mengajak anak asuh berlatih membaca jam ini karena anak dengan doyan hati memperhatikan khuluk tersebut.

Jika Ayah dan Bunda kesulitan membuat sendiri, Ayah dan Bunda dapat mengunduh file yang telah kami siapkan, hasil
editing
juga dari gambar di internet
sih. Ayah dan Bunda dapat menambahkan susuk kepribadian superhero nan menengah disenangi anak sreg adegan paruh yang bersih nol. Cetak terpisah kemudian tempel ditengah menggunakan lem kertas. Lubangi penggalan tengah kertas sebagai poros jam dinding.

Selamat mengepas Ayah dan Bunda, dan selalu bersabar karena sparing butuh hari.

Be Patient! Learning Needs Time (Cochlear User, Alkhalifi, 5y, Indonesia)
Be Patient! Learning Needs Time (Alkhalifi, 5y, Indonesia)

Incaran
Membaca Jam
boleh diunduh di sini.
Korban
Membaca Jam dan Menit
bisa diunduh di sini.

Mata air:

http://ainsleelabs.com