Benarkah Guru Mengajar Matematika Kelas 4 Sd Secara Parsial


Oleh: Priastuti, S.Pd.

Guru SD Negeri 02 Mulyoharjo Kecamatan Pemalang

Bulan
Januari 2022, semua satuan pendidikan sreg negeri PPKM level 1, 2 dan 3 mesti melaksanakan PTM terbatas. Pemerintah provinsi tidak boleh melarang PTM minus bakal yang menyempurnakan tolok dan tidak dapat menambahkan kriteria yang lebih runyam. Pada Sekolah kami SD Area 02 Mulyoharjo, eksistensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan jumlah yang sudah menyepakati vaksinasi semuanya mutakadim mencapai 95%, sehingga dengan penuh sukma dan antusias yang tinggi bakal bisa menyelenggarakan kegiatan Pengajian pengkajian Tatap Muka meski minus mentah 50% bermula total pelajar yang diperbolehkan, 50% berangkat PTM 50% belajar di kondominium secara online ataupun daring.
Pada PTM tekor ini, saya selaku guru kelas lega papan bawah IV A berusaha menerapkan strategi pembelajaran yang menghirup terutama pada kursus Ilmu hitung. Menurut Suhandi Astuti (2017: 49) dalam pengajian pengkajian guru memiliki peran nan dulu penting. Output  substansial  pelajar  yang  memenangi  bukanlah sesuatu   yang   mustahil   jikalau   temperatur   bekerja secara profesional. Apalagi n domestik pembelajaran matematika tingkat SD langkah-ancang pembelajaran yang ditempuh suhu harus khusyuk jelas, dengan  demikian  siswa tidak merasa bingung dengan apa yang disampaikan master. Terlebih intern  presentasi pembelajaran tingkat SD akan bertambah baik seandainya saat pengajarannya menggunakan benda  konkrit,  sehingga  konsep  yang  diterima  pesuluh dapat tersambung.

Sreg Semester dua ini anak-anak kelas 4 membiasakan materi tentang luas dan keliling ingat menjemukan ini melanjutkan semenjak kelas 3 nan mereka telah interelasi membiasakan hal tersebut. Bakal dapat sparing tentang luas dan keliling, pertama-tama anak harus memafhumi malah adv amat mengenai konsep luas dan berkeliling.

Banyak rumus luas dan keliling bangun datar nan harus diingat makanya murid, sebenarnya kalau kita adv pernah konsepnya siswa lain wajib menghafal rumus sama sekali. Contohnya cuma rumus luas dan keliling persegi janjang. Jika kita responsif luas yakni daerah/besarnya suatu bangun yang batasnya jelas. Kita cukup memafhumi konsep dari persegi panjang yang mana terdiri dari sisi panjang dan lebar (Saat peserta membiasakan sebelumnya adapun ciri-ciri/unsur-unsur sadar datar). Begitu juga berkeliling yaitu jumlah janjang jihat-sisi bangun datar atau dengan bahasa yang makin mudah keliling yaitu mengelilingi suatu bangun datar. Maka jika persegi Panjang kelilingnya yaitu 2 mana tahu sisi Pangkat ditambah 2 bisa jadi sisi tumpul pisau. Ini tentu lebih mudah memahaminya daripada peserta harus menghafal rumus dari luas dan keliling bangun tersebut. Cukup bangun bentuknya dan unsur-unsur yang ada puas bangun membosankan tersebut.

Setelah mengetahui peristiwa di atas, selanjutnya ada beberapa strategi semoga siswa mudah untuk mencerna materi matematika, di antaranya: 1) Gunakan bentuk rumus sesuai dengan keadaan nan siswa suka. 2) Pahami signifikasi dari materi akan halnya luas dan berkeliling, misalnya persegi maka kita ketahui dulu apa selayaknya persegi, bentuknya seperti barang apa, partikel-unsurnya seperti apa dan lainnya. 3) Sering melakukan les, ini memang hal yang sangat sulit untuk dilakukan. karena kita malas bagi mengepas, mari coba satu demi satu soal latihannya. semakin banyak mencoba maka akan semakin reaktif akan materi ilmu hitung.

Kemudian, 4) membiasakan bersama inversi karena masa ini meski telah mulai PTM, meski dalam suasana tekor sekadar Pendedahan Jarak Jauh (PJJ) masih dibutuhkan maka belajarnya kombinasi PTM dan sparing di rumah masing-masing serta bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi yang ada dalam perangkat handphone. 5) Lakukan hal-hal tersebut di atas secara konsisten.

Setelah mengetahui strategi cara mudah belajar matematika maka kita harus mencoba menerapkannya, jika tidak maka siswa akan kesulitan belajar matematika. Untuk para siswa marilah tunak semangat buat belajar dan semoga matematika ibarat pelajaran nan paling disukai lakukan anak-anak, karena kita selalu berharap momongan-anak asuh akan menganggap ilmu hitung itu mudah dan menyenangkan.
(*)

Source: https://joglojateng.com/2022/02/24/strategi-belajar-matematika-kelas-4-pada-ptm-terbatas/

Posted by: skycrepers.com