Cara Inovatif Untuk Implementasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Di Sd

Dilihat 18,526 pengunjung

Dalam rangka memperingati Dies natalis Pancasila terlepas 1 Juni 2021, Raga Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggotong tema “Pancasila internal Tindakan Beraduk Lakukan Indonesia Tangguh”. Tema tersebut sejalan dengan programa pengukuhan pendidikan karakter nan dijalankan oleh Kemdikbudristek sepanjang ini, menghafaz pentingnya penanaman karakter pancasila dalam tindakan sehari-hari.

Stabilitas Pendidikan Karakter (PPK) merupakan upaya bakal menumbuhkan dan membekali generasi penerus agar n kepunyaan bekal fiil baik, ketangkasan literasi yang tinggi, dan memiliki kompetensi unggul abad 21 yaitu mewah berpikir dalam-dalam reaktif dan analitis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.

Nilai terdepan karakter yang menjadi titik api berasal kebijakan PPK adalah religiusitas, nasionalisme, kedaulatan, sanggang royong, dan integritas. Nilai-ponten penting tersebut bersendikan nilai-biji Pancasila, 3 pilar Gerakan Nasional Revolusi Revolusi Mental (GNRM), khasanah budaya bangsa (kearifan tempatan) dan kekuatan moralitas yang dibutuhkan bangsa Indonesia menghadapi tantangan di perian depan.

Sesuai dengan amanat Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Pengukuhan Pendidikan Karakter, asongan pendidikan bertanggung jawab untuk memperkuat karakter petatar didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah badan dengan penyertaan dan partisipasi antara satuan pendidikan, keluarga, dan awam bak penggalan berpangkal Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Maka itu karena itu, diperlukan strategi unik yang dilakukan satuan pendidikan agar dapat menanamkan nilai-nilai karakter pancasila intern diri pesuluh didik, salah satunya dengan cara mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah. Terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk menanamkan pendidikan karakter pancasila berbasis budaya sekolah, antara lain sebagai berikut:

1. Penerapan privat Intrakurikuler

Dalam proses pendedahan tematik, hawa diharapkan tak hanya menyorongkan ilmu pengumuman sesuai dengan mata kursus, doang memasukkan unsur nilai Pancasila/kesusilaan/karakter di dalamnya. Guru harus berada memberikan laporan adapun manfaat, dampak, dan bagaimana memanfaatkan embaran dengan bijak. Ilmu takrif yang dibarengi dengan angka-nilai Pancasila/budi pekerti/karakter, hendaknya lagi dapat menumbuhkan kepedulian pada mileu.

2. Penerapan dalam Meres Kokurikuler

Dalam rangka menanamkan budi pancasila pada bidang Kokurikuler, pesuluh dapat diminta melakukan kegiatan studi pelan. Berusul kegiatan tersebut, siswa boleh mempraktikkan teori-teori yang didapatkan dalam kelas bawah. Selain itu, siswa dapat menghayati bagaimana kerja gentur internal menghasilkan satu produk, peduli terhadap kerja gigih, menghargai sesama, dan juga dapat mensyukuri berkah sehingga membuat karakter siswa.

3. Penerapan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, seni budaya dan kelincahan lainnya mengoptimalkan khuluk, kreativitas,  dan kemandirian bagi murid. Pesuluh tentunya bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan talenta dan minat masing-masing, sehingga terasa lebih menyenangkan.

4. Penerapan dalam Meres Non-Kokurikuler

Kegiatan parasan non-kokurikuler seperti mana kerja bakti, melakukan ibadah bersama misalnya shalat berjamaah, bersalaman, serta pembiasaan-pembiasaan baik dapat diterapkan untuk menumbuhkan ponten Pancasila/budi pekerti/karakter yang baik untuk siswa. Selain itu, strategi lain sebagaimana menggelar kegiatan upacara alam tahun Senin, apel, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu-lagu nasional, dan berdoa bersama yang dilanjutkan dengan membaca kitab suci dan/alias sosi-pokok non-pelajaran sejauh 15 menit sebelum memulai pendedahan lagi boleh dilakukan di lingkungan sekolah.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

Bahan paparan materi “Strategi Pembentukan Khuluk Murid Pancasila” yang disampaikan dalam Kegiatan Fasilitasi Pembinaan SPK (26 April 2021)



Source: http://ditsmp.kemdikbud.go.id/menerapkan-pendidikan-karakter-pancasila-dalam-lingkungan-sekolah/

Posted by: skycrepers.com