Cara Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak Sd

“Dapat berapa nilai Damar buat ulangan Bahasa Inggris kemarin, Mbak?” tanya seorang wali murid teman anak saya.

“Seratus. Alhamdulillah,” jawab saya.

“Hmm…anakku cak kenapa rumpil sekali ya kerjakan bisa bisa biji bagus di Bahasa Inggris. Belajarnya gimana, Mbak?” tanyanya juga.

“Lewat TV, Mbak,” jawab saya.

Teman saya itupun diam terbengong-bengong. Saya adv amat menjelaskan maksudnya belajar lewat TV itu. Anak-anak saya beri pementasan film bersopan santun Inggris tanpa
subtitle. Banyak kok film yang mengajak anak membiasakan Bahasa Inggris secara menyejukkan. Penasaran mencari cara mengajar Bahasa Inggris nan menyurutkan? Asyik dong, bisa belajar tanpa perlu beber rahasia bungkusan? Iyaaa.

Cari pendirian mengajar Bahasa Inggris yang menyenangkan.
Sumber buram: pixabay


Saya memang tidak pertalian mengajak anak belajar Bahasa Inggris dengan mandu bertanya, “Apa Bahasa Inggrisnya ‘Terima hidayah’?” tetapi saya lebih gemar mengajak serentak anak-anak bercakap atau sekedar mengungkapkan ekspresi dalam Bahasa Inggris. Ngerti nggak ngerti,
mudheng
nggak
mudheng, terpangkal ngomong semata-mata. Nggak mikir ini
grammarnya bener apa keseleo, toh yang diajak bicara pun sama nggak ngertinya. hehe…

Bisa jadi terserah yang membatin, “Iyaaa…telaga dapat Bahasa Inggris. Lha saya?” Idih, saya juga nggak boleh-dapat amat kok, sekadar saya memang senang proporsional Bahasa Inggris. Nah, ini ada suatu cara untuk mengajak anak belajar Bahasa Inggris tanpa pusing. Emak dan bapaknya juga bisa sedarun ikut belajar lho.

Memilih Materi Bahasa Inggris Yang Menyenangkan

Pada awalnya anak-anak saya bukan reseptif saat menonton film momongan di TV dengan Bahasa Inggris. Berhubung emaknya berprinsip ‘tak kenal maka bukan cinta’, maka meski mereka nggak reaktif, acara menonton itu tetap saya lanjutkan. Benar juga, setelah beberapa lama balasannya anak-anak mulai paham. Bahkan kemudian mereka bisa timbrung tertawa detik si pemrakarsa film menertawakan sesuatu. Pertanda bagus, tidak?

Bagaimana caranya menciptakan menjadikan mereka bertahan sreg awalnya? Yang jelas, pilihkan film berbahasa Inggris yang menggandeng bagi mereka. Film segala saja. Malar-malar tak sinema juga bisa pangkal anak-momongan tertarik. Dokumenter, misalnya.

Sebetulnya komidi gambar-sinema nan saya pilihkan itu yaitu program acara di TV anak, seperti Nick Jr. dan CBeeBies. TV melanggani, ya? Iya. Soalnya lakukan mendapatkan DVD gambar hidup-film anak nan bagus dalam Bahasa Inggris saya kesulitan. Kalaupun ada biasanya sudah disulihsuarakan internal Bahasa Indonesia. Alias kalau mau agak repot bisa cari via Youtube adv amat diunduh.

Bioskop-film itu sememangnya di TV tersedia juga dalam Bahasa Indonesia. Tapi saya menyetel tampilan bahasa awal ialah Bahasa Inggris. Ketika anak belum mengerti, mereka mengamini saja saringan bahasa nan saya sajikan. Waktu ini, mereka sudah tahu prinsip mengganti bahasanya, jadi seringnya diubah ke Bahasa Indonesia. Ya, nggak apa sih, toh mereka sudah cukup lama menyimak film-film itu dalam Bahasa Inggris.

Bak langkah semula saya memperkenalkan film animasi berdurasi sumir, sekitar 5-6 menit. Lama-lama mereka boleh juga menikmati film animasi berdurasi 20 menitan.

Baca pun: Bukan Harus TV Nasional

Bilang Komidi gambar Seleksian Untuk Mengajar Anak SD Bahasa Inggris

Apa saja film momongan yang saya rekomendasikan? Ini dia:

HEY DUGGEE

Mengajar Bahasa Inggris jadi menyenangkan dengan nonton Hey Duggee
Sumber gambar: nickjr.com



Film animasi nan tayang di CBeeBies ini tergolong singkat, sekeliling 5 menitan. Cocok untuk anak TK. Selain ringkas, juga lambat temponya. Kisahnya tentang Duggee seekor anjing yang jadi suhu di sekolah sato bersama peserta-pelajar binatangnya.

Tiap bagian ada tantangan nan harus tergarap murid. Pesuluh-murid pun berusaha berkanjang membereskan tugas, seperti membanjur tumbuhan, membawa buah bikin dibuat jus. Di akhir kisah, seluruh murid berhasil memintasi tugas dan mendapat
badge
atau lencana.

Film ini dialognya ringkas-ringkas. Gambarnya menjajarkan dengan warna kalem. Suara miring naratornya juga jelas dan alur ceritanya bagus bagi anak. Direkomendasikan banget.

Baca pun: Anak-Anak asuh Boleh Menonton Bioskop Romantis

CHARLIE AND THE NUMBERS

Film ini tayang di Baby TV, saluran individual momongan kecil banget. Durasinya pendek, dan terserah bahara pelajaran matematikanya, yaitu pengenalan angka.

Di sini diceritakan ada seorang momongan suami-suami bernama Charlie yang hidup bersama teman-antitesis angkanya di dunia nilai, dari nilai 1 sampai 10.

Di tiap fragmen Charlie merapah bersama satu angka. Tiap angka memiliki kepakaran masing-masing. Angka 7 suka tarik suara, angka 2 seorang putri, angka 10 taksir pelit berbagi.

Belajar Bahasa Inggris meredakan bersama Charlie an the Numbers



Di tiap narasi, Charlie menghadapi permasalahan berkaitan dengan skor. Misalnya ketika angka 4 kekurangan warna saat melukis sehingga harus lamar warna kepada pelangi. Dalam avontur memusat pelangi, Charlie dan 4 meluluk 4 batang pohon. Oleh pelangi dipersilakan mengambil rona sebanyak yang diinginkan. Karena ceritanya dengan biji 4, maka warna yang diambil pun hanya 4. “One, two, three, four.” Alas kata Charlie dan 4.

Unsur khayalannya tinggi di sini, tapi ya itulah film momongan. Film ini cocok banget untuk momongan yang sedang belajar poin, warna dan huruf.

MAX AND RUBY

cara-belajar-bahasa-inggris-yang-menyenangkan
Mengajar Bahasa Inggris nan menentramkan dengan nonton sinema Max and Ruby
Mata air rancangan: nickjr.com

Sinema yang diproduksi berpedoman sosi serial ini tayang di Nick Jr. Kisahnya tentang kucing tupai teteh-beradik, Ruby dan Max. Max nan masih balita, suka iseng tapi keisengannya selalu berbuah manis.

Ruby yaitu yunda perempuan yang super lunak. Ruby seekor kelinci pramuka (bunny scout) yang demap. Ruby dan Max digambarkan tinggal berdua saja dengan nini nan cangap datang berziarah.

Film ini banyak tanggung positifnya. Bahasa yang digunakan juga santun. Max dalam film ini hanya berkata-kata suatu patah kata maupun suatu frase saja tiap episodenya. Jadi anak akan mudah memahami topik yang dibicarakan.

Misalnya puas suatu fragmen Max hanya berkata “Grandma,” semata-mata. Tiap berbicara hanya pembukaan itu yang keluar berbunga mulutnya. Ternyata di pengunci kisah neneklah nan menjadi misterinya.

Film ini berdurasi singkat, sekitar 5 menitan. Gambarnya bagus dan menarik dan pengucapannya jelas. Moral yang dibawakan lagi bagus bikin anak-anak, yaitu tentang ketegaran dan kasih pelahap. Direkomendasikan banget.

DORA THE EXPLORER

Ya, ini film historis banget. Sudah berapa tahun ya komidi gambar ini ditayangkan di TV kita? Jangan-jangan penonton awalnya dulu juga sudah lalu menontonnya bersama anak masing-masing sekarang?

Film ini bagus menurut saya, karena interaktif dan urut-urutan ceritanya termasuk lambat, cocok cak bagi anak asuh-anak. Selain itu dalam film ini kata-kata plonco burung laut diulang-ulang, sehingga melampiaskan anak memahfuzkan.

Sparing Bahasa Inggris menyurutkan bersama Dora the Explorer

Sinema ini pun lain mengandung anasir kekerasan atau pelecehan. Tokohnya pun ditampilkan sebagai tokoh yang mandiri, punya banyak teman dan pemaaf. Ah, nan suka nonton Dora pasti sudah hapal, ya.


Kekurangannya, gambar hidup ini berdurasi panjang. Sekitar 20 menitan. Makara mungkin cocok bagi anak usia SD. Anak asuh TK sebaiknya jangan dikasih tontonan yang panjang lewat, supaya ga ketagihan pementasan kayak anak barap saya, hehe…

Selain itu, di film ini sekali lagi terserah unsur
magic-nya. Cak semau penyihir dan sihir. Jadi, perluuu banget pendampingan, ya.

Oya, Dora the Explorer pun punya lanjutan lho. Judulnya
Dora and Friends: Into the City. Di film pendar ini Dora digambarkan sudah besar, akrab remaja. Film ini juga masih mengandung kekhasan Dora the Explorer, bedanya teman Dora mutakadim bukan lagi hewan-binatang seperti Boots dan Benny, tapi teman-teman sosok. Ceritanya juga mirip-mirip. Cak semau petualangan, menuntaskan misteri, sokong-menolong dan kembali-lagi mengampuni.

Dora and Friends< Dora remaja yang asyik diajak belejar Bahasa Inggris
Sumber gambar: nickjr.com



Kalau Dora yang terserah di TV kita sudah pakai Bahasa Indonesia, di versi aslinya Dora berajar Inggris dan ada sisipan Bahasa Spanyolnya. Lumayan nambah kosa kata bahasa asing, kan? Coba deh cari komidi gambar Dora the Explorer alias Dora and Friends yang berbahasa Inggris ini untuk ditonton bersama momongan. Asyik mengapa.

BLAZE AND THE MONSTER MACHINE

Ini atraksi cocoknya bikin anak lelaki, bisa jadi, tapi tidak menutup kemungkinan anak perempuan lagi suka.

Kisahnya tentang mobil monster (apa ya Bahasa Indonesianya?) bernama Blaze yang menjajap bersama teman-teman mobilnya dan pengemudinya, A.J. Kisahnya macam-spesies, tetapi caruk bersambung dengan ilmu alam, khususnya Fisika. Aih, anak kecil berlatih Fisika? Lebih lagi di situlah keuntungannya. Selain Bahasa Inggris, ada juga Fisika.

Belajar Bahasa Inggris dan Fisika dari sinema Blaze and the Monster Machine



Lain perlu khawatir film ini bintang sartan plus sukar, sebab les Fisikanya lagi baru pengenalan. Misalnya diceritakan Blaze mesti keluar berusul terowongan berbentuk torak dengan bicokok-buaya sebagai jebakannya. Blaze harus berkendara mengocok dengan memanfaatkan tulangtulangan korok yang bulat konseptual dengan mengandalkan gaya sentripetal. Wow, mandu nan asyik bikin menerangkan soal tendensi, kan?

Suka-suka juga guna-guna matematika dalam film ini, sama dengan menjumlah dan mengurangi. Soal-soal yang ditampilkan mudah semua, tapi lumayan menantang anak kerjakan terlibat menjawab. Oya, gambar hidup ini juga interaktif seperti Dora the Explorer.

Kesuntukan bioskop ini adalah durasinya yang panjang, sekitar 20 menitan dan jalan cerita yang cukup cepat serta banyaknya induk bala yang terlibat. Juga ada contoh anak nakal di sini, yaitu si Crusher, mobil nakal yang tidak kapok-kapoknya membentuk ragam. Perlu didampingi, ya kalau anak nonton ini.

Ya, itulah sejumlah komidi gambar yang saya rekomendasikan untuk ditonton bersama anak dan mengajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Didampingi, ya, jangan dibiarkan koteng. Jangan lalai anak adam lanjut umur harus ikut berinteraksi saat film diputar. Misalnya masuk tertawa, ikut menirukan ucapan tokoh di film, memuji perilaku baik dan mencela perilaku buruk.

Itu rekomendasi saya. Inversi-n antipoda punya rekomendasi lain? Beraga
atuh,
monggo
berkomentar di sini. Yuk, marilah!

Source: https://www.damarojat.com/2017/03/cara-mengajar-bahasa-inggris-yang-menyenangkan-untuk-anak-sd.html

Posted by: skycrepers.com