Cara Mengajarkan Pecahan Senilai Kepada Anak Sd

Sebelumnya sudah membahas tentang

pengertian bilangan belahan

dan contohnya dalam vitalitas sehari-perian. Sedangkan, postingan siapa ini akan membahas adapun pengertian pecahan senilai dan prinsip menentukan bahwa dua pecahan dikatakan senailai.

Bagi lebih mudah memahami pengertian pecahan senilai, silahkan perhatikan gambar 1 di bawah ini.

Pengertian dan Cara Menentukan Pecahan Senilai
Rancangan 1
Sendang: BSE

Pada gambar di atas, luas daerah yang diarsir pada Rencana A menunjukkan ¼ dari luas lingkaran, luas daerah yang diarsir pada Gambar B menunjukkan 2/8 berasal

luas kalangan
, luas negeri yang diarsir dari Gambar C menunjukkan 3/12 dari luas lingkaran dan luas daerah yang diarsir dari Gambar C menunjukkan 4/16 dari luas lingkaran.

Pecah keempat gambar di atas, terlihat bahwa area yang diarsir memiliki luas yang sama. Oleh karena itu, rekahan ¼ = 2/4 = 3/13 = 4/16. Selanjutnya, retakan-bongkahan ¼, 2/8, 3/12, dan 4/16 dikatakan andai pecahan-belahan senilai. Jadi, boleh disimpulkan bahwa pecahan senilai adalah belahan-belahan yang bernilai setara. Bagaimana menentukan pecahan senilai?

Sekarang perhatikan retakan-pecahan ¼, 2/8, 3/12, dan 4/16. Belahan-pecahan tersebut boleh dicari dengan prinsip lain, waktu ini pelajari uraian berikut.

Berpokok uraian di atas, kelihatan bahwa cara menentukan retakan senilai dapat dilakukan dengan mengalikan atau menjatah pembilang dan penyebutnya dengan bilangan nan sama. Misalnya, jika diketahui rekahan m/lengkung langit dengan m, n



0 maka berlaku (m × a)/(falak × a) ataupun (m : b)/(n : b), di mana a, b konstanta positif tak nol.

Bakal memantapkan pemahaman Kamu tentang pecahan senilai, silahkan simak ideal soal di bawah ini.


Eksemplar Soal

Tentukan lima pecahan nan senilai dengan bongkahan berikut.

a. 2/3

b. 28/42


Penyelesaian:

Seperti nan mutakadim dijelaskan di atas bahwa retakan senilai dapat ditentukan dengan cara mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sederajat.

a. Karena pembilang dan penyebut pada retakan 2/3 tak dapat dibagi lagi maka dikalikan:

Jadi, lima pecahan yang senilai dengan 2/3 adalah 6/9, 8/12, 10/15, 12/18, dan 14/21.

b. Belahan yang senilai dengan 28/42 ialah:

Jadi, lima retakan yang senilai dengan 28/42 adalah 14/21, 2/3, 56/84, 84/126, dan 112/168.

Demikian postingan tentang pengertian belahan senilai dan pendirian menentukan pecahan senilai. Mohon maaf jikalau ada alas kata maupun perhitungan yang keseleo pada postingan ini. Bakal postingan lebih lanjut silahkan baca akan halnya bagaimana satu belahan dikatakan terbelakang dan bagaimana cara menyederhanakan satu bongkahan.




Refrensi: Sendi Sekolah Elektronik

Source: https://mafia.mafiaol.com/2014/08/pengertian-dan-cara-menentukan-pecahan-senilai.html

Posted by: skycrepers.com