Ciri Ciri Puisi Dalam Pembelajaran Sd

Ciri-ciri Sajak Anak

Guruajar.com.
Puisi

merupakan karya sastra yang berbentuk untaian bait demi bait yang relatif kecam irama dan rima sehingga sungguh indah dan efektif didendangkan dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan bentuk karya sastra lainnya.

Ciri-ciri Puisi Anak

Ciri-ciri Sajak Anak

Ciri-ciri
yang terbiasa diperhatikan internal memilih puisi di SD, menurut Rusyana (Dalam Nadeak, 1985:62) ialah:

  1. isi sajak harus yaitu asam garam dari dunia anak sesuai umur dan taraf jalan jiwa anak,
  2. sajak itu memiliki kunci tarik terhadap anak,
  3. syair itu harus mempunyai keindahan ragawi bahasa, misalnya irama yang atma, tekanan prolog nan nyata, permainan obstulen, dan bukan-tidak,
  4. perbendaharaan prolog yang sesuai dengan mayapada anak.

Sedangkan menurut Sutawijaya, dkk (1992) pusi yang diberikan kepada anak asuh perumpamaan bulan-bulanan pembelajaran apresiasi sastra puisi di SD  agar mempunyai ciri misal berikut:

a) Ciri keterbacaan

  • Bahasa yang digunakan dapat dipahami momongan, artinya kosa introduksi yang digunakan dikenal maka itu momongan, susunan kalimatnya tertinggal sehingga boleh dipahami maka itu anak.
  • Pesan yang dikandung puisi dapat dibaca dan dipahami anak asuh karena enggak bersifat diapan (tersembunyi) melainkan berperangai transparan atau eksplisit.

b) Ciri kesesuaian

  • Kesesuaian dengan kelompok atma momongan, pada usia anak asuh Sekolah Dasar mengesir puisi nan membicarakan nyawa sehari-musim , petualangan, kehidupan keluarga yang nyata.
  • Kesesuaian dengan lingkungan sekitar tempat anak berada. Artinya, anak yang berlambak di lingkungan sekitar pantai akan bersemangat seandainya sajak yang diberikan untuk dipelajari adalah puisi yang berkata tentang tepi laut. Atau pada musim kemarau, puisi yang diajadikan bahan jaga yaitu puisi nan berucap mengenai kemarau. Lakukan lebih jelasnya yuk kita perhatikan syair anak-anak asuh nan berjudul “Desaku” berikut ini.

DESAKU Nan INDAH

Maka dari itu: Nur A’dill Y.U.

Desaku yang sangat indah

Ada rerumputan hijau

Bunga-bunga brmekaran

Bunga-anak uang berterbangan

Udara pagi yang sehat

Aku gemar tinggal di desa

Aku bangga terlampau di desa

Aku bangga bisa memelihara

Keindahan desa.

(Bobo, No 50 XXXXI/2004)

Dari beberapa pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa Puisi momongan memiliki ciri-ciri yakni, bahasanya dapat dipahami anak, pesan yang dikandungnya dapat dimengerti, memiliki irama dan kegantengan , isinya sesuai dengan tingkat urut-urutan anak asuh.

baca juga: Jenis Sajak Naratif, Lirik, dan Deskriptif Paradigma Dengan Transendental

Sekian informasi mengenai ciri-ciri puisi anak asuh, moga boleh bermanfaat, terima kasih.

Source: https://guruajar.com/ciri-ciri-puisi-anak/

Posted by: skycrepers.com