Contoh Rpp Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Sd

(1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Netra Les
: Ilmu hitung
Janjang Pendidikan
: Sekolah Radiks

Satuan Pendidikan
: SDN Banjaran 2
Kelas / Semester
: I / 2 (genap)
Alokasi Periode
: 30 menit

A. Standar Kompetensi

6. Mengenal bangun datar sederhana

B. Kompetensi Bawah

6. 1 Mengenal segitiga sama kaki, segiempat, dan landasan

C. Indeks
Kognitif

6.1.1 Siswa berpunya mengenal tera-tera bangun ki boyak 6.1.2 Siswa mampu menyebutkan ciri siuman melelapkan

6.1.3 Siswa produktif mengelompokkan bangun datar berdasarkan bentuknya

Afektif

6.1.4 Peserta subur meluaskan rasa mau tahu

6.1.5 Siswa berpunya menyampaikan pendapat dengan berketentuan diri 6.1.6 Murid mampu mengerjakan tugas secara mandiri

Psikomotorik

6.1.7 Siswa rani menulis bentuk sadar membosankan

D. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mendengarkan penjelasan berpangkal master tentang bangun ki boyak, siswa kaya mengenal 3 tera bangun datar keteter dengan benar. 2. Setelah mendengarkan penjelasan berpangkal guru akan halnya bangun datar

(2)

3. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang bangun datar segiempat menunggangi wahana, murid berlambak menyebutkan ciri ingat datar segiempat dengan etis.

4. Setelah mendengarkan penjelasan terbit hawa adapun siuman datar lingkaran memperalat alat angkut, petatar berlimpah menyebutkan ciri bangun datar lingkaran dengan moralistis.

5. Sehabis guru menunjukkan sempurna benda membosankan yang ada n domestik umur sehari-hari, siswa mampu mengelompokkan sadar membosankan berdasarkan bentuknya dengan tepat.

6. Sehabis temperatur mengerjakan tanya jawab akan halnya materi bangun membosankan, siswa makmur meluaskan rasa mau tahu dengan baik.

7. Setelah siswa diberikan media dan mengerjakan tugas berasal temperatur memasangkan ingat ki boyak, siswa berlimpah menyampaikan pendapat dengan percaya diri.

8. Setelah suhu memberikan sutra kerja, siswa mampu mengamalkan tugas secara mandiri

9. Setelah guru menjelaskan materi ingat melelapkan dan menyerahkan kertas berwarna, siswa mampu menggambarkan bentuk bangun datar dengan kreatif.

E. Materi Pembelajaran

Bentuk siuman ki boyak sederhana (segitiga, segiempat, dan dok)

F. Sumber Belajar

1. Mileu Sekitar 2. Hawa

3. Kiat BSE Ilmu hitung kelas 1

G. Pendekatan, Model, Metode

1. Model : Make A Match 2. Pendekatan : Kooperatif

3. Metode : Ceramah, Interviu, Latihan Ketrampilan, Rahmat Tugas

(3)

1. Kegiatan Awal
Alokasi Waktu

 Hawa dan peserta sembahyang berbarengan.

 Master menyiapkan kondisi peserta bimbing cak bagi siap membiasakan.  Guru mengecek keikhlasan siswa.

 Apersepsi “guru menceritakan saat perjalanan menuju ke Sekolah mengetahui patok-pacak celam-celum, dulu mengaitkan materi dengan bentuk rambu-rambu lampau lintas”

 Menyampaikan tujuan pembelajaran “mengomongkan mengenai rencana rambu-pancang lalu lintas, selanjutnya menjelaskan adapun materi mengenal bentuk bangun datar terbelakang”

(± 5 menit)

2. Kegiatan Inti


Eksplorasi

 Siswa mengenal bentuk pulang ingatan datar segitiga, segiempat dan lingkaran sesudah dijelaskan memperalat ki alat.

 Pesuluh dijelaskan tentang ciri pulang ingatan melelapkan segitiga, segiempat, dan dok.

 Petatar diminta guru untuk mencaci lalu menyebutkan benda di sekeliling nan adalah bangun datar

 Setiap siswa memperoleh suatu karcis pertanyaan atau kartu jawaban

 Petatar mengalunkan lagu “topi saya bundar” 
Elaborasi

 Guru meminta pelajar mendengarkan penjelasannya mengenai rencana siuman membosankan segitiga, segiempat dan lingkaran menunggangi media.

(4)

cocok dengan kartunya (kartu soal/kartu jawaban) dengan waktu 1 menit

 Siswa memperoleh reward seandainya dapat menemukan tandingan kartunya kurang dari 1 menit

 Guru meminta pesuluh nan sudah memperoleh antiwirawan sesuai kartunya cak bagi membacakan/menunjukkan soal atau jawaban

 Siswa berbuat lembar kerja yang telah disediakan guru

 Murid menggambarkan benda sadar ki boyak sesuai dengan yang dicontohkan guru


Pengecekan

 Guru memasrahkan penguatan terhadap jawaban yang disampaikan peserta

 Hawa bersama pelajar menyoal jawab meluruskan kesalahan kognisi, memberikan penguatan.

3. Kegiatan Penghabisan

 Umpan balik (guru menanyakan hal-hal yang belum dipahami siswa)

 Evaluasi (guru menilai hasil kognitif bersendikan hasil dari penugasan nan diberikan, apakah sudah sesuai dengan tujuan pengajian pengkajian)

 Kesimpulan (master dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan tentang penataran)

 Tindak lanjut (guru merefleksi dengan pendirian memberi motivasi siswa kiranya semangat berlatih)

 Guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a dan salam

(± 5 menit)

(5)

1. Prosedur Penilaian
a) Penilaian Psikologis

 Jenis : Kuis, tugas manusia

 Rang : Uraian dan pilihan ganda

b) Penilaian Afektif

 Bentuk : Lembar Penilaian Sikap

c) Penilaian Psikomotorik :
Lembar Penilaian Psikomotor

2. Instrumen Penilaian :
Terlampir

Lampiran


Pengamatan Sikap

Aspek yang dinilai : 1. Rasa Ingin Luang 2. Kepercayaan Diri 3. Mandiri

No
Segel
Pesuluh

(6)

1.

2.

3.

4.

Keterangan
:

BT
:
Belum Terlihat (poin 1)

MT
:
Start Terpandang (skor 2)

MB
:
Mulai Berkembang (skor 3)

SM
:
Sudah Membudaya (nilai 4)

Pedoman Penilaian
Skor Maksimal : 12

Kredit =

Nilai MasukanKredit maksimal

x 100

Tambahan


Penilaian Psikomotor

Tugas batik pulang ingatan datar

No
Aspek yang dinilai
Skor

Kesesuaian gambar
dengan contoh

Kerapian dan
kebersihan gambar

(7)

1 Seandainya rajah mutakadim sesuai dengan contoh

Jika rencana telah rapi dan sudah tulen

Jika siswa sangat terampil privat menggambar

3

2 Jika gambar pas sesuai dengan paradigma

Jika gambar kurang segeh dan tekor tulen

Takdirnya siswa cukup terampil dalam menggambar

2

3 Jikalau rencana tidak sesuai dengan sempurna

Sekiranya gambar bukan kemas dan kotor

Sekiranya peserta kurang terampil dalam menggambar

1

Dimensi Penilaian

No
Nama Petatar
Aspek yang dinilai
Jumlah
Poin
Biji Maksimal : 9
Nilai =

Skor Akuisisi

Skor maksimal
x 100

Apendiks


Instrumen Penilaian

No.
Tera Peserta
Aspek yang dinilai
Skor
Nila
i
Kognitif
Afektif
Psikomoto

(8)

2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

(9)

BAHAN Didik

(HAND OUT)

MENGENAL Bangun Datar SEDERHANA

Standar Kompetensi : Mengenal siuman datar sederhana

(10)

Pernahkah kalian ketahui tentang kerangka ingat datar

di sekitarmu?

Apakah ia telah mengenal bentuk bangun datar

sebelumnya?

Bangun membosankan keteter terserah tiga

Segitiga sama, segiempat dan limbung

Ayo kita berangkat mengenal bagan bangun ki boyak

tercecer!

1. Mengenal Segitiga sama

Lihatlah gambar dibawah ini

Siuman datar di

samping

Adalah segitiga sama

Segitiga adalah bangun

(11)

2. Mengenal Segiempat

Pernahkan kalian mengetahui bentuk segiempat?

Segala itu bangun ki boyak segiempat?

Apakah sira pernah menyibuk bentuk pulang ingatan datar

segiempat?

Bangun datar di samping

adalah segiempat

Segiempat yakni

bangun datar dengan

empat sisi

3. Mengenal Lingkaran

Apakah kamu koalisi mengawasi bentuk pulang ingatan datar

lingkaran

Limbung adalah ingat membosankan yang n kepunyaan satu

sisi

Suatu sisi itu dinamakan sisi mungkum

Lembaga di samping

merupakan sadar datar

dok

Lingkaran yakni siuman

datar yang dibatasi olehh

sebuah ruas garis

lengkung.

4. Mengelompokkan sadar ki boyak

(12)

Bahwa bangun menjemukan segitiga

cak semau pada benda nan kita

miliki

Penggaris disamping

berbentuk segitiga sama kaki

Rajangan pizza sekali lagi

berbentuk segitiga sama kaki

Lalu benda apa saja yang bentuknya segiempat?

Yuk kita amati bersama-sama

Bidang meja berbentuk segiempat

Permukaan papan tulis

bentuknya

pula

segiempat

Benda segala apa doang yang bentuknya galengan?

Bentuk bola sekali lagi merupakan bangun ki boyak

(13)

Gambar jam tembok disamping

sekali lagi memiliki bentuk galangan

Sangat banyak bentuk sadar datar

Ada segitiga, segiempat dan gudi

Bentuk siuman datar sederhana

gelojoh kita jumpai di sekitar kita

Sehingga kita bisa menunjukkan bangun membosankan

Dengan benda di lingkungan terdamping kita

Sutra Kerja

Amati gambar dibawah ini Kakekku doyan membaca buku

Latar buku berbentuk segiempat

(14)

Segala bentuknya?

Nomor 1 adalah gambar pulang ingatan menjemukan

… memiliki………jihat

Nomor 2 yaitu lembaga bangun datar

… n kepunyaan………sisi

Nomor 3 adalah tulang beragangan bangun datar

… memiliki………arah

Nomor 4 adalah lembaga bangun ki boyak

… n kepunyaan………sisi

Nomor 5 ialah rancangan bangun membosankan

… memiliki………arah

Nomor 6 adalah bentuk bangun membosankan

… memiliki………arah

Nomor 7 yakni bentuk bangun menjemukan

… punya………sebelah

(15)

… n kepunyaan………sisi

Nomor 9 adalah bentuk bangun membosankan

… memiliki………sebelah

Nomor 10 adalah bentuk siuman datar

… memiliki………arah

Pusat Jawaban

1. Segitiga memiliki tiga jihat 2. Landasan memiliki satu sebelah 3. Segitiga sama kaki punya tiga sisi 4. Segiempat memiliki empat sisi 5. Segiempat memiliki empat sisi 6. Lingkaran memiliki satu arah 7. Lingkaran punya satu sisi 8. Dok n kepunyaan suatu arah 9. Halangan n kepunyaan suatu jihat 10. Segiempat memiliki empat sebelah

Pendoman Pensekoran

Benar = skor 10 Salah = skor 0

Nilai =

Nilai yang diperolehskor maksimal

x


100

PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIK

Asam garam Pelan

(16)

Disusun Oleh :

Gita Haksina Upik (14.1.01.10.0282)

PENDIDIKAN Hawa SEKOLAH Sumber akar

FAKULTAS KEGURUAN DAN Ilmu PENDIDIKAN

(17)

LEMBAR EVALUASI

I.

Berilah jenama silang (x) sreg huruf a, b, atau c sesuai

jawaban nan tepat !

1. Buku catat yang kita miliki

Merupakan bangun datar berbentuk…

a. Segitiga sama

b. Segiempat

c. Dok

2. Banyaknya arah sreg segiempat ada…

a. 2

b. 3

c. 4

3. Bohlam celas-celus berbentuk…

a. Segitiga

b. Gudi

c. Segiempat

4. Bangun datar nan memiliki tiga sebelah adalah…

a. Kalangan

b. Segiempat

c. Segitiga

5. Transendental benda nan memiliki buram seperti bangun membosankan

lingkaran adalah…

a. Sapu

b. Lemari

c. Bola

II. Isilah titik-tutul di dasar ini dengan jawaban yang bermoral !

1. Bangun datar permukaan pintu yaitu…

2. Sebutkan dua bangun datar disekitarmu yang adalah buram

segiempat…

3. Segiempat memiliki…sebelah

4. Pulang ingatan ki boyak nan memiliki tiga sebelah disebut…

(18)

Ki akal Jawaban

II.

1. b

2. c

3. c

4. c

5. c

II.

1. Segiempat

2. Sendi, alamari

3. 3 arah

4. Segiempat

5. Donat, bola

Pendoman Pensekoran

I. Pilihan Ganda Benar = skor 1 Salah = skor 0 II. Uraian Singkat

Benar = skor 2 Keseleo = angka 1

Tidak dijawab = skor 0

Source: https://123dok.com/document/4zpxd90q-rpp-matematika-kelas-semester.html

Posted by: skycrepers.com