Download Perangkat Pembelajaran K13 Sd Revisi 2019

Di dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi berekspansi kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan hayat bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang percaya dan bertakwa kepada Halikuljabbar Nan Maha Esa, berakhlak mulia, bugar, berilmu, cakap, berlimpah, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Bikin mencapai pamrih tersebut, maka riuk satu bidang riset yang harus dipelajari maka dari itu peserta didik di Madrasah yaitu pendidikan agama Islam, nan dimaksudkan untuk menciptakan menjadikan pesuluh jaga menjadi manusia yang percaya dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

Download RPP K13 Revisi 2019 Terbaru Kelas 1, 2, 3, 4, 5, Dan 6 SD/MI

Pendidikan Agama Selam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas catur mata kursus,  yaitu: al-Qur’an-Hadits, Aqidah-adab, fiqh, dan angka tahun (sejarah) peradaban Islam. Saban mata tutorial tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur’an-Hadits adalah perigi terdepan ilham Islam, dalam arti ia ialah sumur aqidah-akhlak, syari’ah/fiqih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap anasir tersebut. Aqidah (ushuluddin) atau keimanan adalah akar tunggang atau pokok agama. Syariah/fiqih (ibadah, muamalah) dan akhlak berti¬tik tolak bermula aqidah, yakni seumpama penampilan dan konsekuensi dari aqidah (keimanan dan religiositas nyawa). Syari’ah/fiqih merupakan sistem norma (sifat) yang mengatur wasilah orang dengan Tuhan, sesama cucu adam dan dengan makhluk lainnya. Akhlaq merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian vitalitas basyar, internal arti bagaimana sistem norma nan menata pernah basyar dengan Allah (ibadah dalam keistimewaan istimewa) dan nikah basyar dengan makhluk dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan budi kehidupan cucu adam dalam menjalankan sistem kehidupannya (strategi, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh aqidah nan kokoh. Sedangkan sanat (sejarah) kebudayaan Islam merupakan perkembangan pengelanaan hidup manusia muslim berusul hari ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta privat mengembangkan sistem kehidu¬pannya yang dilandasi makanya aqidah.

Pendidikan agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut punya karakteristik sendiri-koteng. Al-Qur’an-Hadits, menekankan pada kemampuan baca tulis nan baik dan sopan, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengerjakan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek aqidah menekankan plong kemampuan memafhumi dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan berbuat nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek Tata susila memfokuskan pada aklimatisasi untuk melaksanakan kesopansantunan terpuji dan menjauhi tata krama tercela dalam roh sehari-tahun. Aspek Fiqh menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah nan benar dan baik. Sedangkan aspek Bilangan tahun & kebudayaan Islam menitikberatkan pada kemampuan mengambil ibrah bersumber peristiwa-hal bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain cak bagi mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah merupakan pelecok satu mata latihan PAI yang mempelajari tentang akur iman nan dikaitkan dengan pengenalan dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna, serta rakitan suasana keteladanan dan pembiasaan dalam mengamalkan akhlak terpuji dan kesusilaan Islami melangkahi pemberian contoh-contoh perilaku dan cara mengamalkannya dalam hayat sehari-hari. Secara substansial mata pelajaran Aqidah-Adab memiliki kontribusi dalam memberikan tembung kepada peserta didik bagi mempraktikkan al-akhlaqul karimah dan adab Islami dalam kehidupan sehari-periode perumpamaan manifestasi dari keimanannya kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, hari intiha, serta Qadla dan Qadar.

Al-Akhlak al-karimah ini suntuk penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan sejak dini oleh siswa bimbing dalam atma sehari-hari, terutama dalam gambar mengantisipasi dampak subversif mulai sejak era globalisasi dan ketegangan multidimensional yang melanda nasion dan Negara Indonesia.

Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) ain kursus Aqidah-Kesopansantunan di Madrasah Ibtidaiyah ini dilakukan dengan kaidah ki memenungkan dan me-review  Peraturan Nayaka Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kriteria Kompetensi Jebolan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Sumber akar dan Menengah,  dan Peraturan Menteri Pendidikan Kewarganegaraan Nomor 22 Waktu 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Asongan Pendidikan Sumber akar dan Menengah, terutama pada netra tuntunan Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/aqidah dan kepatutan bakal SD/Kwetiau, serta membidas Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , rontok 1 Agustus 2006, Adapun Pelaksanaan Standar Isi, nan intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar nan lebih tinggi.



BACA JUGA










RPP Format 1 Lembar Semester 1

  • RPP Format 1 Benang Kelas 1 K13 Revisi 2020,
    Unduh file
  • RPP Format 1 Lembar Papan bawah 2 K13 Revisi 2020,
    Unduh file
  • RPP Format 1 Untai Kelas 3 K13 Revisi 2020,
    Unduh file
  • RPP Dimensi 1 Lembar Kelas 4 K13 Revisi 2020,
    Unduh file
  • RPP Format 1 Lembar Papan bawah 5 K13 Revisi 2020,
    Unduh file
  • RPP Ukuran 1 Lembar Kelas bawah 6 K13 Revisi 2020,
    Unduh file

RPP Format 1 Lembar Semester 2

  • RPP Ukuran 1 Lembar Kelas 1 K13 Revisi 2020,
    Unduh file
  • RPP Format 1 Benang Kelas 2 K13 Revisi 2020,
    Unduh file
  • RPP Format 1 Lembar Kelas 3 K13 Revisi 2020,
    Unduh file
  • RPP Matra 1 Rayon Kelas 4 K13 Revisi 2020,
    Unduh file
  • RPP Ukuran 1 Rayon Kelas 5 K13 Revisi 2020,
    Unduh file
  • RPP Format 1 Lembar Kelas 6 K13 Revisi 2020,
    Unduh file

RPP 1 Benang Mapel PAI & BP Revisi 2020 Kelas 1, 2, 3, 4, 5 Dan 6,Unduh File

RPP 1 Lembar Mapel PJOK Revisi 2020 Kelas 1, 2, 3, 4, 5 Dan 6,Unduh File

Tujuan

  • Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, perabukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, habituasi, serta pengalaman murid didik akan halnya aqidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Halikuljabbar SWT;
  • Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela kerumahtanggaan sukma sehari-hari  baik dalam semangat orang maupun sosial, misal manifestasi bermula tanzil dan kredit-nilai aqidah Islam.

Download File

Semester 1

Perangkat Penelaahan PJOK Kelas bawah 1-6,

DISINI


Perkakas Pembelajaran PAI Kelas bawah 1-6,

DISINI


Demikian Artikel RPP K13 Terbaru Kelas 1, 2, 3, 4, 5, Dan 6 SD/MI Semoga berjasa.

Source: http://mtsduc.blogspot.com/2019/02/download-rpp-k13-revisi-2019-terbaru.html

Posted by: skycrepers.com