implan payudara artinya

KOMPAS.com
– Implan tetek merupakan tindakan bakal memperbesar atau menyunting tulang beragangan payudara.

Implan buah dada bisa dilakukan bagi alasan kosmetik maupun maksud restorasi setelah mastektomi untuk usaha kanker payudara.

Berikut penjelasan seterusnya terkait jenis implan payudara, prosedur, dan beragam alhasil.

Baca kembali: Kenapa Tetek Sebelah Kidal dan Kanan Ukurannya Bukan Setolok?

Diversifikasi implan payudara

Dilansir terbit
Mayo Clinic, biasanya ada dua diversifikasi implan buah dada yang cerbak digunakan di marcapada kesehatan, yaitu implan dengan silikon dan saline.

Implan payudara dengan silikon dan saline sama-sekelas memanfaatkan bungkusan silikon. Nan membebaskan adalah bahan pengisinya.

Buat implan payudara silikon, cangkang implan akan diisi gel silikon berupa hancuran kental dan lengket yang mirip dengan nikmat manusia.

Implan ini rata-rata terlihat lebih natural maupun mirip payudara asli. Implan ini bisa digunakan pada orang berusia di atas 22 perian.

Padahal implan payudara dengan saline, paket implan akan diisi cairan garam nirmala.

Badan Pengawas Pelamar dan Ki gua garba AS (FDA) baru memperbolehkan orang berusia di atas 18 periode mengamini implan susu saline.

Baca juga: 8 Gejala Awal Kanker Payudara Selain Benjolan

Prosedur implan payudara

Melansir
WebMD, buat mencegah masalah kesehatan di kelak, pastikan setiap khalayak menjalani implan payudara ke dokter ahli bedah plastik nan berpengalaman.

Sebelum menjalani implan payudara, konsultasikan habis kondisi kesehatan dengan sinse.

Setelah itu, dokter biasanya merekomendasikan bikin minum maupun menghentikan konsumsi peminta tertentu sejumlah periode ataupun minggu sebelum operasi.

Prosedur operasi implan payudara sendiri cukup pendek, rata-rata hanya memakan masa satu sampai dua jam.

Baca juga: Kenapa Tetek Terasa Sakit dari Masa Subur sampai Menjelang Haid?

Sebelum dioperasi, tabib anestesi akan memberikan pelelang bius. Lantas, dokter bedah akan membuat sayatan kecil di seputar sasaran implan sebagai halnya di bawah payudara, di bawah lengan, atau di sekitar puting.

Dokter bedah lewat memasukkan implan payudara ke dalam kantung di atas alias asal otot dada.

Selepas implan dipasang, juru bedah akan menutup luka dengan jatihan atau selotip bedah. Payudara yang bau kencur dioperasi akan ditutup dengan kain kasa setelah operasi.

Pascaoperasi implan susu, pasien disarankan bikin istirahat selama beberapa masa dan enggak boleh mengangkat muatan rumpil wejangan heksa- minggu.

Untuk mengurangi rasa nyeri sesudah operasi, dokter biasanya lagi meresepkan obat pereda rasa sakit. Seiring waktu, bengkak dan alumnus luka akan memudar.

Baca pun: Cara Menyucikan Puting Payudara buat Ibu Hamil

Risiko implan payudara

Menjalani operasi implan payudara bisa memiliki beberapa risiko kesehatan, terutama apabila tidak dikerjakan dokter nan berpengalaman.

Risiko implan susu antara tak:

  • Susu terasa sakit
  • Perubahan atau rasa tidak nyaman di puting dan buah dada
  • Pembentukan dan pengerasan jaringan parut di sekeliling implan
  • Susu berdarah
  • Infeksi payudara
  • Masalah dengan ukuran atau bentuk implan yang membuat payudara tidak simetris
  • Di beberapa kasus yang jarang, terpelajar limfoma tangsi ki akbar anaplastik
  • Implan susu pecah atau bocor

Baca juga: Payudara Gatal Bisa Kaprikornus Cap Penyakit Segala apa?

Jika implan payudara saline pecah, implan akan langsung mengempis dan bentuk payudara tahu-tahu berubah.

Tubuh akan menyerap hancuran garam yang bocor tanpa risiko kesehatan, tetapi pasien tegar perlu operasi pengangkatan cangkang silikon.

Seandainya implan payudara silikon terbit, pasien boleh saja bukan sedarun menyadarinya karena gel silikon akan terperangkap di jaringan fibrosa di selingkung implan.

Implan susu silikon berusul ini dapat mewujudkan payudara gempa bumi, terasa tebal, serta peralihan bentuk susu.

Jika ada kejadian demikian ini, dokter biasanya merekomendasikan manuver pengangkatan implan tetek.

Baca kembali: Pengobatan Kanker Payudara Tanpa Kemoterapi, Bisakah?

Hal yang terlazim diingat, implan payudara tidak dirancang permanen seumur hidup. Setiap bani adam yang memperalat implan teristiadat melepas implannya apabila ada kelainan ataupun buram payudara mulai berubah.

Selain itu, wanita yang memiliki implan tetek silikon perlu menjalani penapisan buah dada tiga tahun setelah operasi dan pemeriksaan setiap dua tahun sekali untuk mencelakakan kondisi implannya.

Penggunaan implan susu dapat menyulitkan pemeriksaan mammogram, tapi konsumen bisa menanyai kondisi payudaranya dengan pengawasan sinar-X khusus.

Implan buah dada juga mengedrop pasiennya lebih berisiko tertular kanker susu dan wanita jadi lebih susah meneteki.

Sebelum menjalani prosedur ini, pertimbangkan dan konsultasikan plus adv minim implan buah dada ke dokter ahli nan menangani.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Ayo bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram malah terlampau di ponsel.

Source: https://health.kompas.com/read/2021/03/19/100100968/kenali-apa-itu-implan-payudara-jenis-prosedur-dan-risikonya?page=all