Kisah Nabi Idris Pelajaran Kelas 1 Sd

tirto.id – Nabi Idris AS terkenal sebagai salah satu nabi yang cerdas dan bijak.

Sifat kecerdasaan nan dimiliki Nabi Idris di antaranya ialah ibarat basyar permulaan yang dapat membaca dan menggambar. Selain itu, ia juga merupakan ahli dalam permukaan astronomi atau perbintangan.

Di dalam Al-Qur’an, Allah SWT menyebutkan Utusan tuhan Idris AS menerobos surah Al-Anbiya ayat 85 dengan bunyi sebagai berikut:

وَإِسْمَاعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا الْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِنَ الصَّابِرِينَ

Artinya,”Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka tercantum basyar-orang nan panjang usus,”.

Selain itu, lagi terletak jenama Nabi Idris AS dalam surah bukan, adalah Maryam ayat 56 sampai 57. Dengan tafsiran sebagai berikut:

“Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Idris di privat Kitab (Al-Qur’an). Sesungguhnya engkau sendiri yang suntuk mencintai kebenaran dan seorang utusan tuhan. Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tataran”.

Melalui kutipan ayat dalam dua surah Al-Quran di atas, maka sekali lagi dapat menunjukkan sejumlah resan lain nan dimiliki oleh Rasul Idris AS dan patut ditiru bagi umat orang sekarang.

Seperti kesabaran, mencintai terhadap kebenaran, serta menyungguhkan adanya utusan Yang mahakuasa SWT.

Beberapa Keagungan Nabi Idris AS

Nabi Idris AS merupakan rasul kedua internal daftar urutan 25 nabi nan ada. Artinya, ia menjadi nabi kedua lagi selepas adanya Nabi Adam AS bagaikan hamba allah pertama nan diciptakan Yang mahakuasa SWT.

Berkaitan dengan silsilah, Nabi Idris AS ini yaitu generasi ketujuh setelah Utusan tuhan Lanang AS dari hasil keturunan Qabil dan Iqlima. Stempel “Idris” sendiri berasal dari bahasa Darasa yang memiliki artian kata andai “belajar”.

Oleh karenanya, tidak salah jika keberadaan Nabi Idris AS selalu dikait-kaitkan dengan pesan kecendekiaan yang bersifat wajib bakal dimiliki setiap sosok.

Ibarat makhluk pilihan, beberapa kebesaran Nabi Idris AS di antaranya adalah sebagai berikut:


1. Orang purwa nan bisa membaca dan menulis

Nabi Idris AS yaitu orang pertama yang bisa mendaras sewaktu menulis dengan memperalat pena.

Melalui paisan-lembaran wahi Tuhan nan substansial 30 biji pelir Shohifah, anda mencadangkan dakwah kepada para umatnya.

Selain mampu membaca serta menulis, dia juga diakui sebagai seorang utusan tuhan yang sangat rajin dan doyan sekali lagi dalam belajar. Lantaran cukup aktif kerumahtanggaan mempelajari beberapa situasi dan secara tegar melakukannya, hobatan pengetahuan pun bisa digapai Nabi Idris AS.


2. Berpengetahuan

Utusan tuhan Idris AS mempunyai banyak pengetahuan. Diantaranya adalah penyelenggaraan pendirian merawat jaran, faham adapun hobatan perbintangan maupun falak, serta ahli sekali lagi dalam berkira-kira.

Bahkan, melalui koran dengan judul “Nabi Idris dalam perspektif Kitab-Kitab Safi Agama dan Ketokohannya internal Kajian Ilmu Falak” oleh Novi Arizatul Mufidoh, disimpulkan jika Nabi Idris AS tercatat privat salah seorang penggagas riuk suatu ilmu tertua di dunia, yakni aji-aji falak.


3. Memiliki Derajat yang Tinggi dan Panjang usus

Melalui surah Maryam ayat 57 sebelumnya, disebutkan bahwa Utusan tuhan Idris AS ini mempunyai prestise nan tinggi.

Artinya, ia pula n kepunyaan derajat nan habis pangkat selain sebagai seorang nabi yang saleh. Dan pada akhirnya, Halikuljabbar menempatkannya ke intern golongan tersebut.

Untuk bisa n kepunyaan derajat tinggi seperti mana halnya Utusan tuhan Idris AS, ada tiga rahasia yang bisa dilakukan oleh insan kini.

Yaitu keyakinan kepada Allah, berhijrah dengan meninggalkan segala bentuk peristiwa yang dilarang, serta berjihad dalam arti bersungguh-sungguh menuju ketaatan kepada-Nya.

Sementara privat surah Al-Anbiya ayat 85, juga diutarakan pula jika Nabi Idris AS mempunyai sifat kepala dingin yang sangat luar biasa.

Kejadian itu terutama dijalankannya saat melakukan proses dakwah demi menyebarkan ajaran kebenaran dari Allah SWT.

(tirto.id –
Pendidikan)

Penyokong: Beni Jo

Juru tulis: Beni Jo

Editor: Dhita Koesno



Source: https://tirto.id/kisah-nabi-idris-as-teladannya-nabi-yang-cerdas-dan-ahli-falak-gbaX

Posted by: skycrepers.com