Metode Pembelajaran Ips Sd Kelas Tinggi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSING DI KELAS V SD NEGERI 060922 MEDAN SUNGGAL T.P. 2012/2013.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Petatar DENGAN MENGGUNAKAN METODE Keburukan POSING DI Inferior V SD NEGERI 060922 MEDAN SUNGGAL T.P. 2012/2013.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah netra pelajaran nan diberikan di sekolah menginjak berusul tingkat asal (SD) hingga tingkat madya (SMP/SMA). Menurut Nursid kerumahtanggaan Depdiknas (2007:11), “mata pelajaran
IPS
berujud cak bagi mengembangkan potensi peserta pelihara agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, mempunyai sikap mental berupa terhadap restorasi segala ketimpangan nan terjadi, dan terampil menguasai setiap komplikasi yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun nan menimpa hidup masyarakat”. Untuk itu menurut Supriyatna intern Depdiknas (2007:11), “penelaahan
IPS
yang diramu dalam kurikulum harus memiliki peran utama internal menyiapkan pesuluh didik mengembangkan ponten-nilai kerja gentur, hemat, bonafide, ketaatan, kecintaan pada diri dan lingkungannya serta memiliki arwah kewirausahaan”.

Baca selanjutnya


22 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Melalui Metode Naratif Eksperiensial Siswa Kelas V Sdn Ngepungrojo 01 Pati Tahun 2012/2013.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI/PEMBERIAN TUGAS PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO 066046 HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 MEDAN HELVETIA.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DI KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE T.A 2016/2017.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pesuluh PADA Netra Pelajaran IPS DENGAN MENGGUNAKAN Cermin PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DI Kelas bawah V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE T.A 2016/2017.

Keseleo satu faktor penyebab rendahnya
hasil
membiasakan
murid
terhadap ain les
IPS
adalah cacat tepat dan bervariasinya penggunaan strategi dan
metode
yang digunakan guru n domestik pembelajaran serta sarana dan prasarana yang masih sedikit maksimal. Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya yakni faktor hawa internal melaksanakan proses
belajar
mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan
meningkatkan
kepintaran serta keterampilan
petatar. Untuk membereskan permasalahan di atas dan guna hingga ke tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru tinggal berfaedah dan diharapkan suhu memiliki cara/teoretis mengajar yang baik dan berada memilih arketipe pembelajaran nan tepat dan sesuai dengan konsep-konsep alat penglihatan latihan yang akan disampaikan.

Baca lebih lanjut


26 Baca lebih lajut

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 JATIKUWUNG  Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Metode Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Jatikuwung Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE SNOWBALL THROWING Sreg SISWA Papan bawah V SD Distrik 02 JATIKUWUNG Eskalasi Hasil Berlatih IPS Dengan Metode Snowball Throwing Sreg Peserta Kelas V SD Provinsi 02 Jatikuwung Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tah

Hasil
eksplorasi diperoleh inferensi bahwa: 1) Penggunaan
metode
snowball throwing boleh
meningkatkan
hasil
berlatih
IPS
pelajar
kelas
V
SD
Negeri
02 Jatikuwung tahun pelajaran
2012/2013, hal tersebut ditunjukkan dengan
hasil
berlatih
pesuluh
pada siklus I rata-rata nilai
siswa
66,5. Pada siklus II rata-rata poin
siswa
adalah 72,5, dan pada siklus III rata-rata ponten
murid
adalah 81. Penerapan pendedahan
IPS
dengan
menggunakan
metode
snowball throwing pada
siswa
kelas
V
SD
Negeri
02 Jatikuwung Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran
2012/2013
dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah sesuai
metode
ialah 1) Pengajuan materi, 2) Pembentukan kelompok, 3) Pembentukan Ketua kelompok, 4) Penulisan pertanyaan materi pada kertas, 5) Kertas dibentuk bola dan dilemparkan, 6)
Siswa
yang memperoleh jeluang menjawab pertanyaannya, serta 6) Evaluasi dan pengunci.

Baca lebih lanjur


10 Baca lebih lajut

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA  Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Indonesia Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Jatikuwung Kecamatan Jatipuro

PENDAHULUAN  Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Bringin Tahun Pelajaran 2013/2014.

PENDAHULUAN Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Sreg Siswa Kelas V SDN Bringin Tahun Tuntunan 2013/2014.

inovatif.
Metode
pembelajaran yang digunakan masih
memperalat
metode
konvesional, yaitu ceramah, Tanya jawab yang pertanyaannya kurang dapat melatih
pelajar
untuk berfikir paham, dan pengutusan yang menentang monoton.
Pesuluh
lain dibiasakan
belajar
secara aktif, hanya duduk dan mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran masih didominasi makanya guru dimana
pesuluh
kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Situasi ini berbuntut pada rendahnya ki dorongan
berlatih
siswa
terhadap pelajaran
IPS. Terbukti dari
hasil
ulangan
siswa
kelas
5 semester 2
SD
Daerah
Bringin Kecamatan Juwana tahun pelajaran
2013/2014 lega materi Perlagaan Mempertahankan Independensi. Mulai sejak 33
murid
hanya 27,27% atau 9
siswa
yang menyentuh KKM ( ≥ 63), padahal 72,73% atau 24
siswa
belum mengaras KKM (≤ 63).

Baca bertambah lanjut


6 Baca lebih lajut

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DI KELAS V SD NEGERI 105296 PERCUT HILIR T. A. 2012/ 2013.

MENINGKATKAN HASIL Belajar Murid PADA Ain Cak bimbingan IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DI KELAS V SD NEGERI 105296 PERCUT HILIR T. A. 2012/ 2013.

Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas bawah
dengan subjek penelitian
pesuluh
kelas
V
SD
Negeri
105296 Percut Ambang Kecamatan Percut Sei Pemilik Tahun Ajaran
2012/2013
yang berjumlah 41 sosok terdiri dari 20 perawan dan 21 laki-junjungan. Alat reklamasi data nan digunakan internal studi ini adalah tes dan observasi. Tes dan observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan
hasil
belajar
pesuluh. Analisis data dilakukan
menunggangi
amatan deskriptif ( rata rata dan persentase). Penelitian ini terdiri dari dua siklus ialah siklus I dan siklus II, masing masing terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Satu siklus terdiri dari 2 barangkali pertemuan.

Baca lebih jauh


25 Baca lebih lajut

PENDEKATAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN  HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02   Pendekatan Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kaling Kecamatan Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 201

PENDEKATAN QUANTUM TEACHING Bakal MENINGKATKAN HASIL Belajar IPS Sreg SISWA Papan bawah V SD NEGERI 02 Pendekatan Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Puas Murid Kelas V SD Negeri 02 Kaling Kecamatan Tasikmadu Karanganyar Waktu Pelajaran 201

Eksplorasi ini bertujuan cak bagi
meningkatkan
hasil
berlatih
IPSsiswa
kelas
V
semester II SDN 02 Kaling Tasikmadu dengan
menggunakan
pendekatan Quantum Teaching. Penelitian ini dilaksanakan pada rembulan Januari – Maret
2013. Adapun subyek dari pendalaman ini merupakan
siswa
kelas bawah
V
SDN 02 Kaling Tasikmadu sejumlah 24 anak asuh. Desain yang digunakan dalam penyelidikan ini ialah studi tindakan
kelas
dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan kaidah tes, observasi, karangan alun-alun dan dokumentasi. Teknik kajian data dilakukan secara deskriftif kualitatif dengan
metode
alur yang terdiri terbit korting data, penyajian data dan konklusi.
Hasil
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Rata-rata skor anak sebelum dilakukan tindakan adalah 73 setelah dilakukan tindakan puas siklus I poin lazimnya anak asuh menjadi 78 dan ponten biasanya pada siklus II menjadi 84. 2) Ketuntasan minimal sebelum dilakukan tindakan adalah dari 24
pesuluh
masih terdapat 11
siswa
alias 46% nan belum tuntas, siklus I nan belum tuntas menurun tinggal 8
pesuluh
maupun 34 %, siklus II yang belum tuntas tinggal 2
pelajar
atau 9% dan 91% telah tuntas. Deduksi dari penelitian ini adalah Pendekatan Quantum Teaching Bagi
Meningkatkan
Hasil
Belajar
IPS
Plong
Pesuluh
Kelas
V
SD
Negeri
02 Kaling Kecamatan Tasikmadu Karanganyar Periode Pelajaran
2012
/
2013.

Baca lebih lanjut


16 Baca bertambah lajut

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN METODE Peningkatan Motivasi Belajar Ips Dengan Metode Concept Mapping Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Girilayu Matesih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.

PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS BAGI  Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten Tahun 2012/2013.

PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE Buat MENINGKATKAN Tembung DAN HASIL Berlatih IPS BAGI Penerapan Metode Think Pair Share Buat Meningkatkan Cemeti Dan Hasil Belajar Ips Lakukan Siswa Inferior IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten Tahun 2012/2013.

Jumlah subjek privat penelitian ini merupakan
siswa
IV
SD
Negeri
1 Blimbing, Karangnongko, Klaten yang berjumlah 22 momongan. Teknik pengumpulan data
menggunakan
observasi, testimoni tertulis, dan pengarsipan. Teknik analisis data
menggunakan
deskriptif komparatif, yaitu membandingkan skor pemeriksaan ulang dan angka ki dorongan
membiasakan
siswa
dari kondisi awal, siklus I dan siklus II dan direfleksi.
Hasil
pengkajian adalah: (1) Dengan menerapkan
metode
Think Pair Share dapat
meningkatkan
tembung
belajar
IPS
murid
kelas
IV
SD
Wilayah
1 Blimbing, Karangnongko, Klaten tahun les
2012/2013. Hal ini bisa dilihat dari
hasil
pencacahan nan menunjukkan rata-rata ki dorongan
belajar
pada siklus I adalah 69,7% menanjak 21,2%% menjadi 90,9 pada siklus II. (2) Dengan menerapkan
metode
Think Pair Share boleh
meningkatkan
hasil
belajar
IPS
petatar
kelas
IV
SD
Kawasan
1 Blimbing, Karangnongko, Klaten musim cak bimbingan
2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan nilai rata-rata sebesar 14% dari 67,5 pada kondisi awal menjadi 78,6 pada siklus II.

Baca lebih lanjut


14 Baca makin lajut

PENERAPAN  METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V  Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedawung Kecamatan Jumapolo Tahun Ajaran 2011/2012.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGANAKAN STRATEGI  Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Make A Match Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 1 Jungkare Kara

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGANAKAN Strategi Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Membiasakan Siswa Dengan Menggunakan Metode Make A Match Puas Tuntunan Ilmu hitung Pelajar Kelas bawah VI Semester I SD Negeri 1 Jungkare Kara

Suwolo A54B090037 Penerapan
metode
Kelainan
solving untuk
meningkatkan
penampakan
belajar
anak di SDN.2 Kayumas, Jatinom, Klaten Tahun Tajali
2012/2013. Acara penajaman S! PGSD FKIP Perhimpunan Muhamadiyah Surakarta. Pembelajaran
IPS
dengan
metode
orasi ternyata namun menghasilkan 25% nan mendapat
hasil
belajar
baik, sedangkan tujuan suhu
hasil
belajar
anak nan baik mencecah 90% Maksud Penelitian Tindakan
Inferior
ini untuk
meningkatkan
hasil
sparing
IPS
siswa
kelas
IV SDN 2 Kayamas, Jatinom, Klaten Masa Ajaran
2012/2013. Penelitiuan Tindakan
Kelas
ini
menggunakan
seting
Papan bawah
IV SDN 2 Kayumas. Data guru, anak dan hal
inferior
dikumpulkan dengan
memperalat
metode
obsrvasi, penimbunan data dan wawancara.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa menerobos
metode
keburukan
solving dapat
meningkatkan
hasil
belajar
peserta.adapun langkah-awalan pembelajarannya adalah;1) Guru mengenalkan jenis-jenis Perigi Rahasia Pan-ji-panji dan persebarannya. 2).Separasi masalah pelestarian Mata air Daya Bendera. 3) Guru membimbing mencari tempat Sumber Daya Alam pada peta. 4) Guru menunjukkan contoh sendang daya alam yang tak bisa diperbarui. 5)Memecahkan kebobrokan untuk pemeliharaan Sumber Trik Alam dan memanfaatkannya.

Baca lebih lanjut


21 Baca lebih lajut

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSING KELAS IV SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH T.A. 2012/2013.

PENDAHULUAN  Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedawung Kecamatan Jumapolo Tahun Ajaran 2011/2012.

PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS BAGI  Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten Tahun 2012/2013.

PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE Cak bagi MENINGKATKAN Ki dorongan DAN HASIL Membiasakan IPS Buat Penerapan Metode Think Pair Share Lakukan Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Bikin Siswa Kelas IV SD Area 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten Tahun 2012/2013.

Proses pembelajaran
IPS
yang dilakukan maka itu temperatur selama ini secara sahih dengan semata-mata
menggunakan
metode
ceramah yang monoton dan menyandarkan kepada hafalan. Guru memulai latihan dengan menjelaskan materi, kemudian dilanjutkan dengan latihan soal-soal yang ada di ki akal pak. Guru jarang
menggunakan
dunia faktual umpama suatu konteks bagi
siswa
buat
belajar
berfikir reseptif dan kecekatan penceraian masalah untuk memperoleh konsep atau publikasi. Intensi penelitian ini adalah (1) Mau
meningkatkan
motivasi
sparing
IPS
pesuluh
IV
SD
Negeri
1 Blimbing, Karangnongko, Klaten tahun
2012/2013
dengan penerapan
metode
Think Pair Share dalam pembelajaran
IPS, dan (2) Ingin mengetahui seberapa besar peningkatan
hasil
belajar
IPS
pelajar
papan bawah
IV
SD
Provinsi
1 Blimbing, Karangnongko, Klaten setelah diterapkan
metode
Think Pair Share menerapkan
metode
Think Pair Share dalam pembelajaran. Jumlah subjek intern penelitian ini adalah
siswa
IV
SD
Negeri
1 Blimbing, Karangnongko, Klaten yang berjumlah 22 anak. Teknik reklamasi data
menunggangi
observasi, pengecekan tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan
deskriptif komparatif, yaitu membandingkan biji tes dan poin motivasi
belajar
siswa
dari kondisi awal, siklus I dan siklus II dan direfleksi.
Hasil
penekanan ialah: (1) Dengan menerapkan
metode
Think Pair Share bisa
meningkatkan
motivasi
membiasakan
IPS
siswa
kelas
IV
SD
Negeri
1 Blimbing, Karangnongko, Klaten tahun tuntunan
2012/2013. Hal ini dapat dilihat berpokok
hasil
pencacahan yang menunjukkan kebanyakan cemeti
belajar
pada siklus I adalah 69,7% mendaki 21,2%% menjadi 90,9 pada siklus II. (2) Dengan menerapkan
metode
Think Pair Share dapat
meningkatkan
hasil
membiasakan
IPS
siswa
kelas
IV
SD
Kawasan
1 Blimbing, Karangnongko, Klaten tahun kursus
2012/2013. Kejadian ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan ponten rata-rata sebesar 14% berpunca 67,5 pada kondisi tadinya menjadi 78,6 pada siklus II.

Baca selanjutnya


15 Baca makin lajut

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA TENTANG PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Gadingharjo Tahun Ajaran 2016/2017) - UNS Institutional Repository

PENERAPAN Komplet Pengajian pengkajian Ki kesulitan POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA Tentang Pecahan (Penggalian Tindakan Kelas puas Siswa Kelas V SD Negeri 2 Gadingharjo Periode Ajaran 2016/2017) – UNS Institutional Repository

Result of research shall be as follows. Ability the word
problem
solving through learning eksemplar of
Komplikasi
Posing
was increase for each cycle, that are before the action, the average value word
problem
solving ability among students was 56,7. In the first cycle, the average value increased to 78,4, and in the second cycle the average grade increase to 85,3. Before action the research, students who acquired KKM >75 were 2 students (10,00%). In the first cycle, students who acquired KKM >75 are 13 students (65,00%) and in the second cycle the number of the students increased became 17 students (85,00%). Based on result of the research, it can be concluded that using
Keburukan
Posingcan improve the word
problem
solving ability in fifth grade students of State Primary School of 2 Gadingharjo in the academic year of 2016/2017.

Baca selanjutnya


19 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA.

EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING Bikin Eskalasi HASIL Belajar INSTALASI MOTOR Setrum Puas Siswa Kelas bawah XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA Listrik SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA.

2. Studi nan dilakukan oleh Wiwit Ambarwati (2012), Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan judul Implementasi
Metode
Problem
Posing
Dalam
Meningkatkan
Tembung
Belajar
dan Manifestasi
Belajar
Ekonomi Pada
Peserta
Kelas
X SMA
Negeri
1 Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2011/2012
. Penyelidikan ini merupakan penelitian tindakan
papan bawah, yang berlanjut dalam dua siklus.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa, 1)
metode
problem
posing
boleh
meningkatkan
motivasi
berlatih
ekonomi
siswa.
Hasil
angket siklus 1 cambuk
berlatih
petatar
pada kategori tinggi dan sangat tangga sebesar 68,42%, meningkat plong siklus II menjadi 94,74%. 2)
metode
problem
posing
boleh
meningkatkan
penampilan
belajar
ekonomi
peserta. Plong siklus I total
siswa
yang tuntas
belajar
sebesar 73,68%, naik pada silus II menjadi 92,11%. Nilai lazimnya pengecekan
peserta
meningkat, lega siklus I sebesar 75,58 naik pada siklus II menjadi 83,37. 3).

Baca kian lanjur


208 Baca lebih lajut

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE BELAJAR INKUIRI TERBIMBING DI KELAS V SD NEGERI 067242 MEDAN SUNGGAL T. A. 2016/2017.

Source: https://id.123dok.com/title/meningkatkan-belajar-dengan-menggunakan-metode-problem-negeri-sunggal

Posted by: skycrepers.com