Modul Pembelajaran Terpadu Di Sd Pdf

Click here to load reader

Modul 2 Penelaahan Terpadu di SD

  • View
    6.910

  • Download
    262

Embed Size (px)

Text of Modul 2 Penerimaan Terpadu di SD

RESUME MODUL 2

MATA KULIAH: PEMBELAJARAN TERPADU DI SDNAMA : MAULINANIM: 822540727PROGRAM Eksplorasi: S1-PGSD-BI/ Suhu KelasSEMETER: 3

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NASIONALUNIVERSITAS TERBUKAUPBJJ BANJARMASIN2015MODUL 2PROSEDUR Awam PEMBELAJARAN TERPADU

KEGIATAN Belajar 1KEGIATAN PENDAHULUAN DALAM Pembelajaran TERPADU

A. MAKNA KEGIATAN PENDAHULUANKegiatan pendahuluan merupakan penggalan terkonsolidasi yang tidak dapat dipisahkan dengan onderdil-komponen pembelajaran lainnya. Kegiatan ini lega dasarnya merupakan kegiatan awal yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan pembelajaran terpadu yang berfungsi terutama untuk menciptakan suasana sediakala pengajian pengkajian yang efektif yang memungkinkan siswa dapat menirukan proses penelaahan dengan baik.

B. BENTUK KEGIATAN PENDAHULUANKegiatan menyiapkan pesuluh yang sekaligus berkaitan dengan materi yang akan dibahas disebut kegiatan sediakala penataran. Sementara itu, kegiatan yang tidak kontan berkaitan dengan materi atau kompetensi yang akan dibahas disebut kegiatan pra pembelajaran.Kegiatan terdahulu yang teristiadat dilaksanakan kerumahtanggaan pendahuluan pengajian pengkajian di antaranya yaitu :1. Penciptaan Kondisi Awal Penataran a. Mengkhianati atau memeriksa kehadiran siswab. Menumbuhkan kesiapan berlatih siswac. Menciptakan suasana belajar yang demokratisd. Menggiatkan motivasi belajar siswae. Menggarangkan pikiran siswa2. Memberikan acuana. Memberitahukan tujuan (kemampuan) yang diharapkan maupun garis raksasa materi yang akan dipelajarib. Menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang akan ditempuh siswa3. Mebuat Kaitan (Melaksanakan Apersepsi)a. Mengajukan pertanyaan akan halnya incaran pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnyab. Menunjukkan manfaat materi nan dipelajaric. Meminta murid menganjurkan asam garam yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas4. Melaksanakan Tes Awal

KEGIATAN Sparing 2KEGIATAN INTI DALAM Pengajian pengkajian TERPADU

A. MAKNA KEGIATAN INTI PEMBELAJARANKegiatan inti sering lagi disebut kegiatan instruksional. Kegiatan ini yaitu kegiatan pembelajaran yang menekankan plong proses pembentukan camar duka belajar siswa. Untuk menumbuhkan camar duka belajar pelajar secara terpadu maka pembelajaran terpadu mesti direncanakan secara sistematis.Kegiatan inti pembelajaran terpadu menyantirkan penggunaan strategi dan media pengajian pengkajian bagi mencapai kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa. Kegiatan inti penelaahan seharusnya melibatkan petatar sebanyak kelihatannya, memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbuat serempak dan menunaikan janji kebutuhan pesuluh baik secara individual ataupun kelompok.

B. BENTUK KEGIATAN INTI PEMBELAJARANDalam pengorganisasian kegiatan inti pembelajaran terpadu, pembahasan objek pembelajaran harus dilakukan secara terpadu melintasi penghubungan konsep pecah beberapa ain pelajaran. Selain itu, pembahasan bahan pembelajaran terpadu sepatutnya dilakukan dengan menggunakan strategi penelaahan dan alat angkut pembelajaran nan bervariasi, yang berada mendorong upaya reka cipta pengetahuan baru.Internal menentukan kegiatan inti pembelajaran, guru hendaknya mempertimbangkan faktor komptensi yang diharapkan dicapai siswa, keberagaman dan tingkat kesulitan materi pelajaran, karakteristik siswa, guru, serta fasilitas, ruang, waktu dan waktu yang cawis.Beberapa nilai yang boleh dipetik dari penggunaan media privat kegiatan inti pengajian pengkajian terpadu :1. Media dapat mengkonkretkan konsep-konsep nan abstrak.2. Media dapat menghadiran objek-target yang plus berbahaya alias sukar didapat ke privat lingkungan belajar.3. Media dapat mengemukakan objek yang terlalu besar atau terlalu kecil.4. Media bisa menunjuk-nunjukkan gerakan nan terlalu cepat.Penggunaan wahana intern penelaahan terpadu sekali lagi memiliki kemujaraban diantaranya:1. Memungkinkan siswa berinteraksi secara langsung dengan lingkungannya.2. Memungkinkan adanya keseragaman pengamatan atau persepsi belajar pada masing-masing.3. Membangkitkan motivasi belajar siswa.4. Menyajikan pemberitahuan belajar secara konsisten dan dapat diulang alias disimpan menurut kebutuhan.5. Menyajikan pesan atau informasi belajar secara serempak untuk seluruh siswa.6. Mengatasi keterbatasan ruang dan musim.7. Mengontrol arah dan kecepatan belajar pelajar.Hal yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan wahana n domestik kegiatan inti penelaahan terpadu :1. Penggunaan media pembelajaran bukan yakni kepentingan tambahan cuma memiliki fungsi tersendiri, adalah mewujudkan hal penelaahan yang lebih efektif.2. Media penelaahan merupakan babak integral semenjak keseluruhan proses pembelajaran.3. Media pembelajaran privat penggunaannya harus relevan dengan kompetensi dasar, penunjuk, dan isi/bahan pemeblajaran terpadu.4. Wahana pengajian pengkajian berfungsi mempercepat proses belajar.5. Media pembelajaran terutama berfungsi buat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sehingga hasil berlatih pelajar akan lebih tahan lama mengendap privat pikirannya.6. Alat angkut pembelajaran bisa meletakkan dasar-dasar yang nyata buat nanang sehingga dapat mengurangi terjadinya verbalisme.

Source: https://pdfslide.net/education/modul-2-pembelajaran-terpadu-di-sd.html

Posted by: skycrepers.com