Peta Konsep Modul 7 Pembelajaran Ipa Di Sd

PENGANTAR

Puji syukur Kita panjatkan kepada ALLAH SWT yang mana atas berkat dan Karunia dan karuniaNya lah kami bisa mengamankan makalah ini. Dalam referat ini kami membahas tentang Modul 7 dan modul 8 adapun Kemungkinan dan Produk pengembangan Kurikulum Masa Depan , makalah ini kami tujukan untuk memenuhi tugas alat penglihatan kuliah Pengembangan Kurikulum dan Penerimaan di SD ( PDGK 4502) . Makalah ini diharapkan dapat menjadi sumber pesiaran bagi yang membutuhkan baik bagi manjapada pendidikan ataupun para akademisi yang ingin meningkatkan atas ilmu pengetahuannya meskipun dengan segala keterbatasannya.Makalah ini ditujukan dalam memberikan butir-butir kepada kita semua tentang dunia pendidikan apabila terserah kesalahan intern makalah ini baik peneulisannya ataupun isinya yang belum paradigma, kami harap magfirah yang sebesar – besarnya, karena kelalaian, kehilafan itu adalah sifat sosok yang tidak pernah luput dari kesalahan.maka segala saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kemenangan, habis kami harapkan. Wasalam dari pencatat, kami mengucapkan banyak sambut kasih. Wassalamua’laikum wr.wb.

Bekasi, 17 Agustus 2018

Pencatat

BAB 1 PENDAHULUAN

1. Bidang Belakang Kurikulum adalah alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai kerjakan dan tepat akan sulit untuk hingga ke tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Dengan kurikulum nan sesuai dan tepat diharapkan bulan-bulanan dan intensi pendidikan akan dapat tercapai secara maksimal. Di indonesia sendiri mutakadim beberapa kali diadakan perubahan dan perbaikan kurikulum yang bermaksud sudah tentu untuk menguasai dan pengembangan dan kemajuan zaman agar hingga ke mutu pendidikan nan maksimal. Kurikulum juga dikatakan ibarat gambar pengajaran baik itu nyata mata latihan maupun satu bentuk pencapaian kognisi anak nan dibuktikan dengan ijazah atau tindasan.

2. Rumusan Masalah Akan halnya Rumusan Kelainan privat penulisan ini yakni : a. Apa konotasi Kurikulum ? b. Segala apa saja aneh-aneh Kurikulum pendidikan di Indonesia ? c. Segala tetapi jenis-macam Kurikulum berasal berbagai Aspek ?

3. Tujuan Penulisan Penulisan referat ini bermaksud kerjakan : a. Untuk mengetahui pengertian Kurikulum futur. b. Bagi mengetahui karakteristik Kurikulum musim depan c. Untuk mengarifi diversifikasi-macam barang pengembangan Kurikulum SD.

4. Kebaikan Penulisan Manfaat Penulisan ini yaitu : a. Sebagai syarat privat memintasi Tugas Mata khotbah Pengembangan

Kurikulum dan

Penelaahan di SD ( PDGK 4502). b. Memperdalam Ilmu n domestik Menyusun suatu kertas kerja. c. Menambah wawasan akan halnya penyakit-masalah kerumahtanggaan Kurikulum masa depan yang ada di Indonesia.

BAB II PEMBAHASAN MODUL 7 PROSPEK Peluasan KURIKULUM Kala nanti

Kajian kala nanti (future studies) adalah suatu disiplin yang sistematik untuk mengkaji kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada tahun depan dalm waktu-masa tertentu. Kurikulum tahun depan (future curriculum) adalah suatu perancangan seluruh program pendidikan manusia masa depan, yang dijadikan sebagai elemen utama dalam mereka cipta dan mengembangkan kurikulum. Prinsipnya bahwa perancangan kurikulum tidak dibuat cak bagi mengubah kontemporer sekalipun fenomenanya selalu beuabah dibandingkan dengan tahun kini.

KB 1 KEBUTUHAN PENDIDIKAN Perian DEPAN A. KARAKTERISTIK MASYARAKAT INDONESIA Pada MASA DEPAN Karakteristik masyarakat masa depan merupakan kejadian yang silam penting dikaji dalam manjapada pendidikan karena pendidikan pada dasarnya merupakan upaya penyiapan siswa laksana anggota masyarakatbagi peranannya di masa yang akan dating. Pendidikan harus dapat mengantisipasi keadaan : a. Mahajana dalam era globalisai b. Masyarakat dalam era urut-urutan IPTEK c. Umum kerumahtanggaan era transportasi, komunikasi, dan informasi d. Masyarakat dalam era perkembangan Profesionalisme

B. KEBUTUHAN PENDIDIKAN MASA DEPAN Semangat pada masa depan membutuhkan kualitas mata air daya bani adam yang memiliki 3 ciri utama: 1) Menguasai guna-guna pengetahuan dan tehnologi 2) Mempunyai kreatifitas 3) Punya solidaritas social. Maka itu karena itu , pendidikan kala nanti harus menumbuhkan kemamapuankemampuan : 1. Kemampuan Dasar a. Kompetensi religiositas b. Kompetensi akademik c. Kompetensi ekonomik d. Kompetensi social pribadi 2. Kemampuan Belajar Selama Haya 3. Penggunaan Tekhnologi 4. Pendidikan Moral

KB 2 PROFIL KURIKULUM Masa DEPAN A. KONSEP DAN Cara KURIKULUM Masa DEPAN Analisis masa Depan ( Future Studies) yaitu satu disiplin yang berstruktur untuk mengkaji futur kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadipada kala nanti pada waktu-waktu tertentu. Kurikulum periode depan (Future curriculum) adalah perancangan seluruh program pendidikan perian depan. B. FOKUS MUATAN KURIKULUM SD Masa depan Meletakkan asal kecerdasan, butir-butir, kepribadian, akhla luhur, serta keterampilan untuk kehidupan mandiri dan mengajuk pendidikan lebih lanjur. Fokus tersebut dirumuskan ke dalam kriteria kompetensi tamatan SD dengan harapan membentuk peserta didik menjadi: a. Cucu adam nan beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak sani b. N kepunyaan rasa kebangsaan dan rajin petak air c. Mengembangkan logika, kemampuan nanang, amatan pesuluh jaga d. Membentuk khuluk peserta pelihara menjadi makhluk yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya e. Membentuk karakter peserta didik agar segak jasmani rohani dan menumbuhkan rasa sportivitas

Kemudian dijabarkan menjadi Tolok Kompetensi Mata Kursus (SK-MP) yang terdiri dari 8 ain tutorial nan diajarkan di SD , yaitu sbb: 1.

Pendidikan Agama

2.

Pendidikan Kewarganegaraan

3.

Ilmu hitung

4.

Bahasa

5.

IPA

6.

IPS

7.

Seni Budaya

8.

Pendidikan Jasmani

C. PENDEKATAN Pengembangan KURIKULUM Hari DEPAN   

Sudut pandang kebijakan kian mengarah plong penerapan pendekatan akar rumput Tesmak pandang pengorganisasian isi kurikulum lebih mendekati pada penerapan pendekatan terpadu Sudut pandang orientasi penyusunan kurikulum nampaknya akan cukup bervariasi diarahkan pada pencapaian kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan peserta untuk dapat usia privat situasi global nan penuh dengan kompetisi antar Negara, penerapan kurikulum berbasis plong awam, penggunaan filsafat dan teori konstruktivisme dan pemanfaatan matra-ukuran belajar yang relevan seperti elektronik, ternganga, kuantum, kooperatif, akselerasi, dll.

Source: https://idoc.pub/documents/modul-7-pengembangan-kurikulum-dan-pembelajaran-di-sd-docx-pnx1d68011lv

Posted by: skycrepers.com