sabda alkitab online


1:1
Lega semula Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2
Bumi belum berbentuk dan hampa; haram gulita membentangi samudera raya, dan Semangat Yang mahakuasa melayang-layang di atas meres air.
1:3
Berfirmanlah Allah: “Jadilah cerah.” Dahulu cahaya itu jadi.
1:4
Allah mengintai bahwa cerah itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah nur itu berpunca gelap.
1:5
Dan Allah menamai terang itu siang, dan terlarang itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.
1:6
Berfirmanlah Allah: “Jadilah falak di paruh barang apa air untuk membaikkan air dari air.”
1:7
Maka Yang mahakuasa menjadikan cakrawala dan Ia merembukkan air yang ada di bawah cakrawala itu berpokok air yang cak semau di atasnya. Dan jadilah demikian.
1:8
Lalu Almalik menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.
1:9
Berfirmanlah Allah: “Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga terlihat nan cengkar.” Dan jadilah demikian.
1:10
Dulu Allah memanggil yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah mengawasi bahwa semuanya itu baik.
1:11
Berfirmanlah Halikuljabbar: “Hendaklah petak mengoptimalkan recup-tunas muda, tumbuh-tanaman nan berbiji, apa jenis pokok kayu biji pelir-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, meski ada bersemi-tumbuhan di dunia.” Dan jadilah demikian.
1:12
Persil itu mengoptimalkan tunas-tunas mulai dewasa, segala varietas merecup-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan biji kemaluan yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
1:13
Jadilah sore dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.
1:14
Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda pencahaya plong cakrawala buat mempersatukan siang dari lilin batik. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda nan menunjukkan masa-masa yang teguh dan hari-hari dan tahun-tahun,
1:15
dan bak penerang sreg cakrawala biarlah benda-benda itu mengobori bumi.” Dan jadilah demikian.
1:16
Maka Allah menjadikan kedua benda penjelas yang segara itu, yakni yang lebih segara buat menguasai siang dan yang lebih kerdil untuk memintasi lilin lebah, dan menjadikan juga tanda jasa-medalion.
1:17
Halikuljabbar memangkalkan semuanya itu di cakrawala bakal menerangi bumi,
1:18
dan untuk menguasai siang dan malam, dan bakal memisahkan sinar berpangkal ilegal. Allah meluluk bahwa semuanya itu baik.
1:19
Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah tahun keempat.
1:20
Berfirmanlah Allah: “Hendaklah dalam air berkeriapan manusia nan sukma, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melangkahi horizon.”
1:21
Maka Allah menciptakan sato-binatang laut nan osean dan apa jenis makhluk usia yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan apa jenis burung nan bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
1:22
Lewat Allah memberkati semuanya itu, firman-Nya: “Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air kerumahtanggaan laut, dan hendaklah burung-burung di dunia kian banyak.”
1:23
Jadilah sore dan jadilah pagi, itulah hari kelima.
1:24
Berfirmanlah Allah: “Hendaklah dunia mengeluarkan segala jenis makhluk yang arwah, piaraan dan binatang melata dan segala spesies dabat liar.” Dan jadilah demikian.
1:25
Allah menjadikan segala jenis fauna bawah tangan dan segala macam ternak dan segala tipe binatang melata di paras dunia. Tuhan mengintai bahwa semuanya itu baik.
1:26
Berfirmanlah Tuhan: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas iwak-lauk di laut dan burung-kontol di gegana dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala satwa melata yang merayap di dunia.”
1:27
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut rencana-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya kamu; pria dan upik diciptakan-Nya mereka.
1:28
Allah memberkati mereka, lampau Allah berkata kepada mereka: “Beranakcuculah dan makin banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala hewan yang merayap di marcapada.”
1:29
Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku menyerahkan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan nan berbiji di seluruh mayapada dan segala tanaman-pohonan nan buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.
1:30
Semata-mata kepada segala binatang di bumi dan segala pelir di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan apa tumbuh-pokok kayu bau kencur menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.
1:31
Maka Almalik mengawasi segala apa yang dijadikan-Nya itu, bukan main amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah masa keenam.
Wacana Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Copyright Lembaga Alkitab Indonesia
(Indonesian Bible Society), 1994.
Released for non-profit scholarly and personal use.
Not to be sold for profit.
When making formal public reference to the materials,
please acknowldege The Indonesian Bible Society
(Rangka Alkitab Indonesia) as the copyright holder.

  • Baca Keadaan pasal 1 di Alkitab varian Firman Sang pencipta Yang Sukma
  • Read Genesis chapter 1 in Authorised Version (King James Version) Bible
  • Baca Peristiwa pasal 1 di Alkitab Perbuatan nabi nabi muhammad, pusat studi Alkitab dengan ratusan objek nan tukar koheren
  • Baca Kejadian pasal 1 di Injil.mobi, situs Alkitab Hadis versi HP
  • Source: https://www.sabda.org/alkitab/tb/?kitab=1